RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
RPP
INI DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN
DISUSUN
OLEH :
WIDYA
SAFITRI
1201145104
DOSEN
PEMBIMBING
RIZKIA
SUCIATI, M.Pd
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
2014
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 5 TANGERANG SELATAN
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester : X/1
(SATU)
Materi Pokok : Monera
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I.
Kompetensi
Inti
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan agama yang
dianutnya
KI 2 : Mengembangkan perilaku (religious, jujur, mandiri,
demokratis, komunikatif,
tanggung jawab,
kerjasama dan disiplin) mampu
berinteraksi dan menempatkan
diri secara efektif dengan lingkungan
social dan alam.
KI 3 :
Memahami dan menerapkan
pengetahuan factual, konseptual dan procedural
dalam
ilmu pengetahuan, teknologi seni budaya dan humaniora dengan
wawasan
kemanusiaan terkait fenomena yang terjadi untuk memecahkan
masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
pengembagan
dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi
Dasar
3.4 Menerapkan prinsip
klasifikasi untuk menggolongkan archaebacteria dan eubacteria berdasarkan
ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan
secara teliti dan sistematis.
III. Indikator :
1.
Menjelaskan ruang lingkup kingdom Monera.
2.
Menjelaskan karakteristik dan ciri-ciri bakteri dan Cyanophyta
3.
Menjelaskan reproduksi bakteri dan Cyanophyta
4. Menjelaskan peranan
bakteri dan Cyanophyta
IV.
Tujuan Pembelajaran
Siswa kelas X mampu untuk:
1. Memahami
ruang lingkup kingdom Monera.
2. Memahami
karakteristik dan ciri-ciri bakteri dan Cyanophyta
3. Memahami
reproduksi bakteri dan Cyanophyta
4. Memahami
peranan bakteri dan Cyanophyta
IV.
Materi
Ajar
1.
Materi
Fakta
·
Berbagai gambar, foto
dan video tentang kingdom Monera
2.
Materi
Konsep
Dalam taksonomi, bakteri
diklasifikasikan ke dalam kingdom Monera. Monera dikategorikan sebagai kingdom
yang beranggotakan seluruh organisme prokaryota, yaitu semua jenis organisme
yang tidak memiliki membrane atau selaput inti. Pada umumnta, organisme prokaryot
bersel 1 (uniseluler) dengan bagian-bagian inti sel tersebar di sitoplasma.
Selain bakteri, anggota lain dari kingdom Monera adalah Cyanopthyta (ganggang
hijau-biru). Kingdom Monera dibedakan menjadi 2 sub kingdom yaitu
Archaebacteria dan Eubacteria.
Karakter
Pembeda
|
Archaebacteria
|
Eubacteria
|
Dinding
sel
|
Lipopolisakarida
|
Peptidoglikan
|
Lipid
pada membrane sel
|
Rantai C bercabang
|
Rantai
C- tidak bercabang
|
Sensitivitas
terhadap antibiotik
|
Tidak sensitive
|
Sensitive
|
Enzim
RNA polimerase
|
Strukturnya kompleks (mirip
eukaryotic)
|
Struktur
kecil
|
Sekuens
RNA
|
Mirip eukaryotic
|
Khas
bakteri
|
1.
Bakteri
·
Struktur Tubuh Bakteri
a. Dinding
sel
b. Membrane
plasma
c. Sitoplasma
d. Flagel
·
Bentuk Bakteri
1. Batang
(bacillus)
2. Bulat
(coccus)
3. Koma
(vibrio)
4. Spiral
(spirilium)
·
Flagel
1. Tidak
berflagel (atrik)
2. Berflagel
1 (monotrik)
3. Berflagel
> 1 (lofotrik)
4. Berflagel
> 1 letak dikedua ujung (amfitrik)
5. Berflagel
> 1 terletak diseluruh tubuh (peritrik)
·
Reproduksi Bakteri
Bakteri
melakukan reproduksi dengan cara seksual dan secara aseksual. Reproduksi secara
aseksual dilakukan dengan cara pembelahan binner, sedangkan reproduksi secara
seksual dilakukan dengan cara transformasi, transduksi dan konjugasi.
·
Peranan Bakteri
a. Bakteri
yang menguntungkan
1. Pembusuk
sisa-sisa organisme dan sisa-sisa pencernaan makanan
2. Penghasil
zat asam
3. Penghasil
antibiotic dan vaksin
4. Meningkatkan
kesuburan tanah
5. Bakteri
pengoksidasi bijih besi
6. Pembuat
biogas
b. Bakteri
yang merugikan
No
|
Jenis Bakteri
|
Penyakit yang Ditimbulkan
|
1
|
Clostridium
tetani
|
Tetanus
|
2
|
Diplococcus
pneumonia
|
Radang paru-paru
|
3
|
Mycobacterium
leprae
|
Kusta
|
4
|
Actinomyces
bovis
|
Bengkak rahang pada sapi
|
5
|
Bacillus
anthracis
|
Antraks pada sapi, kerbau dan domba
|
6
|
Brucella
abortus
|
Bruselosis pada sapi
|
7
|
Xanthomonas
citri
|
Kanker batang jeruk
|
8
|
Agrobacterium
tumifaciens
|
Kanker batang kopi
|
9
|
Erwinia
tracheiphila
|
Busuk daun labu
|
10
|
Clostridium
botulinum
|
Merusak makanan dalam kaleng
|
11
|
Leuconostoc
mesentroides
|
Penghasil lender pada makanan basi
|
2.
Cyanophyta
Cyanophyta disebut cyanobacteria karena
organisasi sel (terutama dinding sel) dan sifat biokimianya mirip dengan
bakteri. Cyanophyta merupakan sel prokaryotic yang tidak memiliki membrane
inti. Berbeda dengan bakteri, tidak semua cyanophyta terdiri atas satu sel. Kelompok
cyanophyta terdiri atas beberapa jenis, seperti Microcytis, Chroococcus,
Merismopedia, Arthrospira, Aphanizomenon, Anabaena, Lyngbya.
·
Struktur sel
1. Dinding
sel
2. Membrane
plasma
3. Sitoplasma
·
Reproduksi
Reproduksi pada Cyanophyta hanya terjadi
secara aseksual (tidak kawin), yaitu dengan pembelahan binner, fragmentasi
koloni, endospore/eksospora, hormogonium dan akinet.
·
Habitat
Merupakan organisme yang kosmopolit
karena terdapat dimana-mana seperti di perairan tawar, tanah, laut lepas,
bahkan di lingkungan yang ekstrim dengan kadar garam tinngi, ataupun di kutub.
·
Peranan
a. Menguntungkan:
1. Anabaena,
Nostoc dapat mengikat nitrogen
2. Menjaga
kelembaban tanah, tanaman perintis, mencegah erosi
3. Bahan
obat
4. Mengandung
asam amino esensial, contoh: Spirulina
b. Merugikan:
1. Menyebabkan
blooming
2. Menyerang
saraf, contoh: genus Anabaena dan Oscillatoria
V.
Materi
Prinsip
Materi organisasi
kehidupan yang harus dikuasai adalah :
-
Pengertian kingdom Monera
-
Ruang lingkup kingdom Monera
-
Karakteristik dan ciri-ciri bakteri dan
Cyanophyta
-
Reproduksi bakteri dan Cyanophyta
-
Peranan bakteri dan Cyanophyta
4)
Prosedur/deskripsi materi
-
Pengertian kingdom Monera
-
Ruang lingkup kingdom Monera
-
Karakteristik dan ciri-ciri bakteri dan Cyanophyta
-
Reproduksi kingdom bakteri dan Cyanophyta
-
Peranan kingdom bakteri dan Cyanophyta
VI.
Pendekatan,
metode, dan model pembelajaran
Pendekatan :
scientific (pendekatan ilmiah)
Metode : ceramah, diskusi,dan penugasan
Model : Cooperative
learning
VII. Media, Alat dan Sumber
Belajar
·
Media
Buku
paket
Power Point
Gambar/Foto/video
tentang kingdom Monera
·
Alat/Bahan
LCD, papan tulis,
spidol dll.
·
Sumber Belajar:
-
Buku : Jati, Wijaya.
2007. Aktif Biologi. Jakarta: Ganeca
-
Internet
VIII.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 : 2
X 45 menit
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam dan
berdoa
·
Pengkondisian kelas
·
Mengabsensi
·
Apersepsi
|
10
menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
·
Membaca teks berbagai
manfaat bakteri dalam bioteknologi
·
Mengamati gambar foto
mikrograph berbagai bentuk bakteri
Menanya
·
Apakah organisme yang
sangat kecil penyebab berbagai penyakit?
·
Apa ciri-cirinya,
bagaimana mengenalinya dan membedakan dengan organisme lainnya?
·
Apa perannya dalam
kehidupan?
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
·
Melakukan pengamatan
koloni bakteri dan sel bakteri dengan pour plate, streak plate, dan
pengecatan gram
·
Menanya hal-hal yang
berkaitan dengan prosedur penanaman dan pengecatan bakteri, serta koloni
bakteri
·
Mendiskusikan hasil
pengamatan dan mengenalkan konsep baru serta kosa kata ilmiah baru, misalnya
pengecatan gram, inokulum, inokulasi dll
·
Mendiskusikan
jenis-jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan cara penanggulangannya
·
Mendiskusikan peranan
bakteri dalam kehidupan
·
Melaporkan secara
tertulis hasil pengamatan dan kegiatan laboratorium
·
Menerapkan
keselamatan kerja dan biosafety dalam pengamatan bakteri
Mengasosiasikan
·
Mendiskusikan hasil
pengamatan dan berbagi perspektif tentang berbagai archaebacteria dan
eubacteria dan peranannya dalam kehidupan
·
Menyimpulkan ciri,
karakteristik, peran bakteri dan Cyanophyta dalam kehidupan
Mengkomunikasikan
·
Melaporkan hasil
pengamatan secara tertulis menggunakan format laporan sesuai kaidah
|
70menit
|
Penutup
|
·
Menampilkan video
mengenai bakteri
·
Memberikan tugas pekerjaan
rumah (PR) kepada siswa
·
Membaca doa selesai
pembelajaran
|
10
menit
|
IX.
Penilaian
1. Jenis
/ Teknik Penilaian
·
Penilaian presentasi
·
Penilaian tes essay
2. Instrumen
penilaian
· Instrumen
penilaian presentasi
· Instrumen
penilaian tes essay
Mengetahui,
Kepala SMAN 5 Tangerang Selatan
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..…………, …..-…..- 20 …….
Guru Biologi
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RUBRIK
PENILAIAN PRESENTASI
Nomor Kelompok :
Nama Anggota :
Waktu
Presentasi :
Materi :
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
Pemahaman materi
|
|
|
|
2.
|
Penjelasan dalam menyampaikan
persentasi hasil gambar
|
|
|
|
3.
|
Penyampaian
|
|
|
|
4.
|
Kontak mata
|
|
|
|
Penjelasan
skala pada setiap kriteria sebagai berikut :
1) Pemahaman
materi
1 :
siswa tidak memahami materi yang dipresentasikan
2 :
siswa kurang memahami materi yang dipresentasikan
3 :
siswa memahami seluruh materi yang dipresentasikan
2)
Penjelasan dalam menyampaikan persentasi hasil gambar
1 : media
yang digunakan memiliki tulisan dan gambar yang tidak jelas.
2 : media
yang digunakan memiliki tulisan yang tidak jelas, namun memiliki gambar yang
jelas.
3: media yang digunakan memiliki
tulisan dan gambar yang sangat jelas.
3)
Penyampaian
1 : penyampaian materi tidak jelas dan cenderung
volume suara kecil
2 :
penyampaian materi cukup jelas namun volume suara kecil
3 : penyampaian materi jelas serta volume suara
lantang
4)
Kontak mata
1 : Siswa hanya membaca media
presentasi dan tidak ada kontak mata dengan peserta lain.
2 : Siswa kadang-kadang menggunakan kontak mata
kepada peserta lain, namun masih lebih sering membaca media presentasi.
3 : Siswa melakukan kontak mata dengan peserta
lain dan tidak membaca media presentasi.
INSTRUMEN
PENILAIAN TES ESSAY
SMA
KELAS X
BAB
MONERA
Nama :
Kelas :
Mata
Pelajaran :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan
jelas!
1. Sebutkan
persamaan dan perbedaan Archebacteria dan Eubacteria!
2. Sebutkan
bentuk dasar bakteri dan berikan contoh organismenya! (minimal 5)
3. Sebutkan
dan jelaskan jenis bakteri heterotroph berdasarkan sifatnya!
4. Sebutkan
peranan bakteri merugikan dan menguntungkan beserta organismenya! (masing-masing
5 peranan)
5. Bagaimana
mekanisme pergerakan pada Cyanophyta?
Nilai =
SKOR :
1.
20
2.
20
3.
20
4.
25
5.
15
KUNCI
JAWABAN
1.Perbedaan
Karakter
Pembeda
|
Archebacteria
|
Eubacteria
|
Dinding sel
|
Lipopolisakarida
|
Peptidoglikan
|
Lipid pada membrane sel
|
Rantai C bercabang
|
Rantai C tidak bercabang
|
Sensitivitas terhadap antibiotic
|
Tidak sensitive
|
Sensitive
|
Enzim RNA polymerase
|
Strukturnya kompleks (mirip
eukaryotic)
|
Struktur kecil, sederhana
|
Sekuens RNA
|
Mirip eukaryotic
|
Khas bakteri
|
2. Bentuk bakteri
·
Monobasilus :
Salmonella typhosa
·
Diplobasilus : Bacillus subtilis
·
Streptobasilus :
Azotobacter sp.
·
Monokokus : Leuconostoc
cremoris
·
Diplokokus :
Diplococcus pneumoniae
·
Sarkina : Sarcina sp.
·
Streptpkokus :
Streptococcus pneumonia
·
Stafilokokus :
Staphylococcus aureus
·
Koma : Vibrio coma
·
Spiral : Spirillum
minor
·
Spiroseta : Treponema
pallidum
3. Jenis
bakteri
a) Bakteri
parasit yaitu jenis bakteri yang memperoleh makanan dari organisme yang
ditumpanginya.
b) Bakteri
saprofit yaitu jenis bakteri yang memperoleh makanan dari sisa-sisa organisme
lain yang telah mati.
c) Bakteri
pathogen yaitu jenis bakteri parasite yang mampu menimbulkan penyakit pada
organisme yang ditumpanginya.
d) Bakteri
apatogen yaitu sejenis bakteri yang tidak menimbulkan penyakit pada organisme
yang ditumpanginya.
4. Merugikan:
1. Clostridium
tetani : tetanus
2. Diplococcus
pneumonia : pneumonia
3. Mycobacterium
leprae : lepra
4. Mycobacterium
tuberculosis : TBC
5. Salmonella
typhosa : tifus
Menguntungkan :
1. Acetobacter
sp. dan lactobacillus casei : pembuatan keju dan nata de coco
2. Mycobacterium
bovis : vaksin BCG mencegah penyakit TBC
3. Thiobacillus
frroxidans : mengoksidasi bijih besi
4. Bacillus
brevis : antibiotic tirotrisin
5. Clostridium
butiricum : pembuatan alcohol dan aseton.
5. Deretan sel
cyanophyta berbentuk benang disebut trikom
yang diselubungi dengan selaput lender (disebut juga filament). Selaput lender tersebut memungkinkan adanya pegerakan
sel secara gliding movement dan
pergerakan cyanohyta terjadi karena rangsangan berupa zat kimia (kemotaksis)
atau cahaya (fototaksis).
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Materi : Monera
Kelas/Semester : X/1 (Satu)
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
1 = jika peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku
yang tertera dalam indikator
2 = jika peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator, tetapi belum
konsisten
3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
4 = jika peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
5 = jika peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang
tertera dalam indikator
FORMAT PENILAIAN
KISI-KISI PENULISAN SOAL
SMAN 5 TANGGERANG SELATAN
ULANGAN HARIAN KELAS X
MATA PELAJARAN BIOLOGI
TAHUN 2013/2014
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
JUMLAH SOAL
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMER SOAL
|
1
|
3.4 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan
archaebacteria dan eubacteria berdasarkan ciri-ciri dan bentuk melalui pengamatan secara teliti dan
sistematis.
|
5
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan perbedaan
archaebacteria dan eubacteria.
|
ESSAY
|
1
|
|
|
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan bentuk
dasar bakteri.
|
ESSAY
|
2
|
|
|
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan jenis
bakteri heterotrof.
|
ESSAY
|
3
|
|
|
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan peranan
bakteri.
|
ESSAY
|
4
|
|
|
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan mekanisme
pergerakan Cyanophyta.
|
ESSAY
|
5
|
JUMLAH SOAL
|
5
|
JAKARTA, .... - .... – 20...
PEMBUAT
WIDYA SAFITRI
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar