RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RPP INI DISUSUN UNTUK MEMENUHI
TUGAS
PADA MATAKULIAH: STRATEGI PEMBELAJARAN BIOLOGI
DISUSUN OLEH:
NURUL AMIRA
1201145071
DOSEN PEMBIMBING:
Rizkia
Suciati, M.Pd
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
2014
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMAN 5 TAMBUN
SELATAN
Mata Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester : XII IPA/1 (satu)
Materi pokok : METABOLISME
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
I.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin, tanggung jawab,
peduli, santun, ramah
lingkungan,
gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
II. Kompetensi Dasar
3.2
Memahami peran enzim dalam proses
metabolisme dan menyajikan data
tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literature
untuk memahami proses pembentukan energi pada mahluk hidup.
III.
Indikator :
·
Menjelaskan
pengertian metabolisme
·
Menjelaskan
jenis-jenis metabolisme
·
Menjelaskan
proses metabolisme
·
Menemukan
factor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim
·
Menjelaskan
fungsi enzim dalam metabolisme
·
Mengidentifikasikan
ciri-ciri enzim
IV. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah melaksanakan peoses pembelajaran, siswa mampu:
1.
Menjelaskan
pengertian metabolisme
2.
Menjelaskan jenis-jenis metabolisme.
3.
Menjelaskan proses metabolisme.
4.
Menemukan
faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
5.
Menjelaskan
funsi enzim dalam metabolisme.
6.
Mengidentifikasikan
ciri-ciri enzim.
V. Materi Pembelajaran
1) Materi
Fakta
-
Berbagai
gambar, foto, dan video tentang metabolisme.
2) Materi
Konsep
Metabolisme
Metabolisme merupakan seluruh rangkaian reaksi kimia yang berlangsung
didalam sel makhluk
hidup. Metabolisme terdiri atas dua proses, yaitu anabolisme dan katabolisme.
Anabolisme merupakan serangkaian reaksi kimia berupa proses
penyusunan zat kompleks
dari zat yang lebih sederhana. Sebaliknya katabolisme
merupakan serangkaian
reaksi kimia berupa proses pemecahan zat kompleks menjadi zat sederhana yang
disertai dengan pelepasan energi berupa adenosin triphosphate
(ATP). Pada kedua
proses metabolisme, baik katabolisme maupun anabolisme sering kali dipengaruhi
oleh senyawa lain, yaitu enzim.
ENZIM
Enzim merupakan senyawa organik yang berfungsi sebagai katalis. Artinya
enzim dapat mempercepat
berlangsungnya suatu reaksikimia tetapi enzim itu sendiri
tidak ikut berubah.
1. Struktur Enzim
Enzim secara keseluruhan disebut haloenzim. Enzim tersusun dari dua
kelompok utama, yaitu
komponen protein dan komponen nonprotein.
Komponen protein (apoenzim) pada enzim sangat mementukan kerja enzim.
Hal demikian
dimungkinkan karena apoenzim merupakan tempat melekatnya substrat dan sekaligus
tempat mereaksikan substrat. Bagian enzim tempat melekatnya substrat disebut sisi aktif enzim. Substrat merupakan
bahan atau molekul yang dikatalis oleh
suatu enzim. Substrat
dapat berupa karbohidrat, protein, dan lemak.
2. Sifat Enzim
Enzim mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :
a)
Merupakan
protein. Bahan penyusun utama enzim adalah protein
b)
Mudah
dipengaruhi oleh perubahan lingkungan. Faktor lingkungan antara lain suhu, pH
dan inhibitor
c)
Sebagai
katalisator. Dalam hal ini enzim berfungsi mempercepat reaksi kimia, tetapi
tidak ikut berubah setelah proses reaksi selesai.
d)
Bekerja secara spesifik. Enzim hanya berperan membantu satu macam
substrat dan tidak dapat bekerja untuk bermacam-macam substrat.
e)
Bekerja secara bolak-balik. Artinya enzim tidak menentukan arah reaksi,
tetapi hanya bekerja
mempercepat laju reaksi sampai mencapai keseibangan.
f)
Dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Artinya sedikit enzim dapat
mengkatalis
suatu reaksi kimia.
3. Mekanisme Enzim
Reaksi enzimatis berlangsung
apabila substrat tersedia dan bagian sisi aktif
enzim dalam keadaan kosong. Pada
kondisi yang demikian substrat akan memasuki
bagian sisi aktif enzim. Bagian sisi
aktif enzim akan mengalami perubahan bentuk
dengan mengelilingi substrat
kemudian membentuk ikatan lemah berupa kompleks
enzim- substrat.
Kemudian di dalam sisi aktif, substrat akan diubah menjadi suatu
bentuk akhir, yang dikenal sebagai
produk. Selanjutnya, produk tersebut dilepas dari
ikatan enzim dan enzim itu sendiri
kembali bebas untuk berikatan dengan substrat lain
Ada 2 hipotesis yang menjelaskan tentang mekanisme kerja
enzim yaitu sebagai
berikut :
a.
Hipotesis gembok dan anak kunci (lock and key) menurut sisi aktif ini, bagian sisi aktif enzim mempunyai
bentuk spesifik dan tidak fleksibel. Suatu enzim
Hanya dapat ditempati oleh substrat tertentu saja. Hipotesis
ini ditemukan oleh Emil Fischer.
b.
Hipotesis kecocokan yang terinduksi (induced fit) menurut hipotesis ini,
bagian sisi aktif enzim bersifat fleksibel terhadap substrat
yang masuk.
Apabila ada substrat yang masuk ke bagian sisi aktif, maka
bagian ini akan
mengalami perubahan bentuk mengikuti bentuk substratnya.
4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Aktivitas Enzim
Beberapa factor yang dapat
mempengaruhi kecepatan reaksi enzim adalah sebagai
berikut :
a)
Suhu
Peningkatan suhu menyebabkan molekul bergerak cepat. Pada
kondisi yang
demikian suatu reaksi dapat berlangsung cepat atau tidak
berjalan sama sekali (berhenti). Hal demikian dimungkinkan karena setiap enzim
mempunyai suhu optimal tertentu sehingga dapat melangsungkan reaksi secara
maksimal. Suhu yang terlalu tinggi atau melampaui batas optimum akan
menyebabkan enzim mengalami denaturasi. Denaturasi
adalah perubahan struktur kimiawi enzim
yang menakibatkan enzim tersebut rusak dan tidak dapat
melakukan
fungsinya.
b)
pH (Derajat
Keasaman)
pada umumnya, pH optimumenzim berkisar antara 6-8. Namun,
beberapa
pengecualian dapat terjadi. Contohnya pada lambung manusia,
pepsin akan
bekerja optimal pada pH 2. Perubahan pH yang cukup tajam
juga dapat
menyebabkan enzim mengalami denaturasi.
c)
Inhibitor
Inhibitor merupakan senyawa kimia yang bersiat menghambat
kerja enzim.
Ada 2 jenis inhibitor, yaitu inhibitor kompetitif dan
inhibitor nonkompetitif.
Inhibitor
kompetitif merupakan senyawa kimia yang
menyerupai substrat dan dapat bereaksi dengan sisi aktif enzim. Inhibitor nonkompetitif merupakan
senyawa kimia yang menghambat kerja enzim dengan cara
melekat pada
bagian selain sisi aktif, yang disebut sisi alosterik.
d)
Konsentrasi
Substrat
Jumlah substrat yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan
kerja enzim.
untuk mengatasi hal demikian biasanya sel akan menambah
jumlah enzim
dengan cara menyintesis enzim.
7.
Pengelompokan Enzim
Berdasarkan tempat kerjanya, enzim
dapat dibedakan menjadi dua, yaitu endoenzim
(enzim yang bekerja didalam sel/ enzim intraselular) dan eksoenzim (enzim
yang bekerja diluar sel/ enzim ekstraselular). Berdasar dari
cara kerjanya, enzim
dikelompokan menjadi
enam, yaitu sebagai berikut :
a.
Oksidoreduktase, berfungsi untuk mengatalisasi reaksi
oksidasi atau reduksi
dari satu unsur.
b.
Transferase, berfungsi
untuk membantu memindahkan suatu unsur ke unsur
lain.
c.
Hydrolase, berfungsi
untuk membantu pembentukan produk dengan bantuan
air (hidrolisis).
d.
Liase, berfungsi
memindahkan atau menambahkan ikatan C-C, C-N, C-O, atau C-S dari substrat tanpa
melalui peristiwa hidrolisis.
e.
Isomerase, berfungsi
untuk membantu menyusun kembali suatu molekul
karena adanya isomerase dalam molekul.
f.
Ligase, berfungsi membantu
menggabungkan dua molekul melalui penyusun-
an. Ikatan C-O, C-S, C-N, atau C-C baru dengan pemecahan
ATP.
8.
Nomenklatur dan
Klasifikasi Enzim
Enzim diberi nama dengan menambah
akhiran –ase, pada nama substrat yang
diubah oleh enzim tersebut. Adapula enzim yang tidak
berakhiran –ase misalnya
peptin, tripsin, ptyalin, dan erepsin. Berdasaran peristiwa
yang terjadi didalan suatu
reaksi, makan enzim dapat digolongkan menjadi 2 golongan .
a)
Golongan Hidrolase,
yaitu enzim yang dengan adanya air dapat mengubah
suatu substrat menjadi hasil akhir, misalnya karboksilase,
protease, dan lipase.
b)
Golongan Desmolase, yaitu
enzim yang dapat mencegah ikatan C-C atau C-N. contohnya enzim-enzim
peroksidase, dehidrogenae, katalase, karboksilase,
dan transaminase.
Dengan berkembangnya ilmu genetika
dan dilakukannya berbagai percobaan
dibidang ini, dapat dibuktikan bahwa
pembentukan enzim atau kelompok gen dalam
kromosom.
3) Materi
Prinsip
Materi yang harus dikuasai adalah :
-
Pengertian metabolisme
-
Jenis-jenis metabolisme
-
Fungsi enzim
-
Sifat kerja enzim
-
Struktur Enzim
-
Mekanisme Enzim
4)
Prosedur/deskripsi materi
-
Pengertian metabolisme
-
Jenis-jenis metabolisme
-
Sifat kerja enzim
VI. Pendekatan,
metode, dan model pembelajaran
Pendekatan : scientific aproach
Metode : kooperatif
Model : Cooperative
VII.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
·
Media
LKS
Power
Point
Gambar/Foto/video
tentang materi metabolisme
·
Alat/Bahan
LCD,
papan tulis, spidol dll.
·
Sumber Belajar:
-
Buku
: Priyadi, Arif 2010. BIOLOGI SMA KELAS XII. Jakarta : Yudistira
-
Internet
VIII. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 : 2 X 45 menit
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam dan berdoa
·
Pengkondisian kelas
·
Membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 7
siswa
·
Mengabsensi
·
Apersepsi
|
20 menit
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
·
Melakukan percobaan mengunyah
nasi sebanyak 32 kali kunyah dan merasakan sensasi manis pada
nasi/karbohidrat lainnya.
Menanya
·
Siswa dimotivasi untuk membuat pertanyaan kreatif
dan kritis tentang enzim berdarkan percobaan yang dilakukan dan ilustrasi
fungsi enzim.
Mengumpulkan data
(eksperimen/eksplorasi)
·
Menggali informasi tentang kerja
enzim pada proses pencernaan di mulut, lambung dan usus duabelas jari (apa
persamaan dan perbedaannya) untuk dapat menyimpulkan bahwa enzim memiliki
sifat khas dan cara kerja tertentu.
Mengasosiasikan
· Mendiskusikan
kerja enzim katalase dan mengkaitkan dengan sifat-sifat enzim dari hasil
kajian literatur.
· Menyimpulkan
tentang sifat, fungsi dan kerja enzim .
Mengkomunikasikan
· Menyusun
laporan hasil diskusi
secara tertulis.
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Menyimpulkan hasil materi tentang metabolisme
·
Memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) kepada siswa
·
Membaca doa selesai pembelajaran
|
10 menit
|
IX.
Penilaian
1. Jenis
/ Teknik Penilaian
·
Penilaian
presentasi
·
Penilaian
tes essay
2. Instrumen
penilaian
·
Instrumen
penilaian presentasi
·
Instrumen penilaian tes essay
Mengetahui,
Kepala SMA 5 TAMSEL
(__________________________)
NIP/NIK :
|
…..…………, …..-…..- 20 …….
Guru Biologi
(_______________________)
NIP/NIK :
|
Nomor
Kelompok :
Nama Anggota :
Waktu
Presentasi
:
Materi
:
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
Pemahaman materi
|
|||
2.
|
Penjelasan dalam menyampaikan persentasi hasil gambar
|
|||
3.
|
Penyampaian
|
|||
4.
|
Kontak mata
|
Penjelasan skala pada setiap kriteria
sebagai berikut :
1)
Pemahaman
materi
1 : siswa tidak memahami materi yang dipresentasikan
2 : siswa kurang memahami materi yang dipresentasikan
3 : siswa memahami seluruh materi yang dipresentasikan
2) Penjelasan
dalam menyampaikan persentasi hasil gambar
1 : media yang digunakan memiliki tulisan dan
gambar yang tidak jelas.
2 : media
yang digunakan memiliki tulisan yang tidak jelas, namun memiliki gambar yang
jelas.
3: media yang digunakan memiliki
tulisan dan gambar yang sangat jelas.
3) Penyampaian
1
: penyampaian materi tidak jelas dan cenderung
volume suara kecil
2
: penyampaian
materi cukup jelas namun volume suara kecil
3
:
penyampaian materi jelas serta volume suara lantang
4) Kontak mata
1 : Siswa hanya membaca media
presentasi dan tidak
ada kontak mata dengan peserta lain.
2 : Siswa kadang-kadang menggunakan kontak mata kepada
peserta lain, namun masih lebih sering membaca media
presentasi.
3 : Siswa melakukan kontak mata dengan peserta lain dan tidak
membaca media presentasi.
INSTRUMEN
PENILAIAN TES ESSAY
SMA
KELAS XII
BAB
Metabolisme
Nama :
Kelas :
Mata Pelajaran :
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1.
Jelaskan
fungsi enzim dan teori mengenai cara
kerja enzim!
2.
Sebutkan sifat enzim! Jelaskan!
3.
Sebutkan golongan pada enzim ! jelaskan!
4.
Sebutkan factor yang mempengaruhi cara kerja enzim !
5.
Sebutkan macam-macam enzim pada manusia!
Skore :
1.
30 point
2.
25 point
3.
20 point
4.
15 point
5.
10 point
KUNCI
JAWABAN
1.
Enzim berfungsi sebagai biokatalisator, menurunkan energi aktivasi
suatu reaksi. Terdapat dua teori yang menjelaskan cara kerja enzim, yaitu teori
lock and key dan teori induced fit. Berdasarkan teori lock and key, kerja enzim mirip mekanisme kunci dan
anak kunci. Substrat memasuki enzim, kemudian substrat
diubah menjadi produk dan dilepaskan. Berdasarkan teori induced fit, enzim melakukan
penyesuaian bentuk untuk berikatan dengan substrat. Hal tersebut meningkatkan
kecocokan dan mendorong komplek enzim- substrat lebih reaktif. Molekul enzim kembali
ke bentuk semula setelah produk dihasilkan
2.
a) Merupakan protein. Bahan penyusun utama
enzim adalah protein
b) Mudah
dipengaruhi oleh perubahan lingkungan. Faktor lingkungan antara lain suhu,
pH dan inhibitor
c) Sebagai
katalisator. Dalam hal ini enzim berfungsi mempercepat reaksi kimia, tetapi
tidak ikut berubah setelah proses reaksi selesai.
d)
Bekerja secara spesifik. Enzim hanya berperan membantu satu macam
substrat dan
tidak
dapat bekerja untuk bermacam-macam substrat.
e)
Bekerja secara bolak-balik. Artinya enzim tidak menentukan arah reaksi,
tetapi hanya
bekerja mempercepat laju reaksi sampai mencapai keseibangan.
f)
Dibutuhkan dalam jumlah sedikit. Artinya sedikit enzim dapat
mengkatalis suatu
reaksi kimia.
3.
A) Golongan Hidrolase, yaitu enzim yang
dengan adanya air dapat mengubah
suatu substrat menjadi hasil akhir, misalnya karboksilase,
protease, dan lipase.
B)
Golongan Desmolase, yaitu
enzim yang dapat mencegah ikatan C-C atau C-N. contohnya enzim-enzim
peroksidase, dehidrogenae, katalase, karboksilase, dan transaminase
4.
a) Suhu
b)
pH (Derajat
Keasaman)
c)
Inhibitor
d)
Konsentrasi
Substrat
5.
Selulose
Lipase
Protease
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Materi : Metabolisme
Kelas/Semester : XII/1 (Satu)
Hari/Tanggal :
No.
|
Nama
|
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
1.
|
||||||||
2.
|
||||||||
3.
|
||||||||
4.
|
||||||||
5.
|
||||||||
6.
|
||||||||
7.
|
||||||||
8.
|
||||||||
9.
|
||||||||
10.
|
*) Ketentuan:
·
1 = jika
peserta didik sangat kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
·
2 = jika
peserta didik kurang konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator, tetapi belum konsisten
·
3 = jika
peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
·
4 = jika
peserta didik konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·
5 = jika
peserta didik selalu konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
FORMAT PENILAIAN
Nilai : Jumlah Skor X 100
30
KISI-KISI PENULISAN SOAL
SMA NEGERI 5 TAMBUN SELATAN
ULANGAN HARIAN KELAS XII
MATA PELAJARAN BIOLOGI
TAHUN 2013/2014
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
JUMLAH
SOAL
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK
SOAL
|
NOMER
SOAL
|
|
1.
|
3.2
Memahami peran enzim dalam proses
metabolisme dan menyajikan data
tentang proses metabolisme berdasarkan hasil investigasi dan studi literature
untuk memahami proses pembentukan energi pada mahluk hidup.
|
5
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat
menentukan fungsi dan cara kerja enzim.
|
ESSAY
|
1
|
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat
menentukan sifat enzim.
|
ESSAY
|
2
|
||||
Disajikan paparan, peserta didik dapat
menentukan golongan pada enzim.
|
ESSAY
|
3
|
||||
Disajikan paparan, peserta didik dapat
menentukan faktor yang mempengaruhi kerja enzim.
|
ESSAY
|
4
|
||||
Disajikan paparan, peserta didik dapat
menentukan macam-macam enzim pada manusia
|
ESSAY
|
5
|
||||
JUMLAH SOAL
|
5
|
|||||
Jakarta, ... - ... – 20...
Pembuat,
Nurul Amira
NIP.
terimakasih banyak ya kak, asli ini membantu banget buat aku microteaching minggu depan...nuhun pisan :)
BalasHapusMakasih banyak kk
BalasHapus