Rabu, 20 Agustus 2014

RPP 2013 (Sistem Reproduksi)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
RPP INI DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN


DISUSUN OLEH :
FANNY RAHMAWATI
1201145038

DOSEN PEMBIMBING
RIZKIA SUCIATI, M.Pd


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
2014

RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Satuan Pendidikan                  : SMAN 1 CIKARANG BARAT
Mata Pelajaran                        : BIOLOGI
Kelas/Semester                        : XI IPA/2 (Dua)
Materi Pokok                          : SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

       I.            Kompetensi Inti
KI 1  :    Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :   Mengembangkan perilaku (religious, jujur, mandiri, demokratis, komunikatif,
          tanggung jawab, kerjasama dan disiplin)  mampu berinteraksi dan
    menempatkan diri secara efektif dengan lingkungan social dan alam.
KI 3  :   Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual dan procedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan terkait fenomena yang terjadi untuk memecahkan masalah.
KI 4  :   Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
    pengembagan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
    menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
    II.            Kompetensi Dasar
3.12 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
4.13 Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
4. 14 Memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.
 III.            Indikator:
-          Menjelaskan pengertian dari Sistem Reproduksi Manusia.
-          Menjelaskan pembentukan sel gamet.
-          Menjelaskan struktur dan fungsi sistem.
-          Menjelaskan kesehatan reproduksi.
-          Menjelaskan penyakit menular seksual.
-          Menjelaskan teknologi bayi tabung.
 IV.            Tujuan Pembelajaran
Siswa kelas XI mampu untuk:
1.      Memahami dan menjelaskan struktur, fungsi, dan proses sistem reproduksi pada manusia.
2.      Menjelaskan kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
3.      Menjelaskan teknologi yang berkaiatan dengan kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia.
    V.            Materi Ajar
1.   Materi Fakta
·         Berbagai gambar, foto dan video tentang Sistem Reproduksi Manusia.

2.   Materi Konsep
·         Pembentukan sel gamet dapat dibedakan menjadi dua .yaitu pembentukan gamet (sel kelamin) jantan atau sperma disebut spermatogenesis dan pembentukansel betina atau ovum disebut oogenesis
·         Stuktur dan fungsi sistem reproduksi
1. Alat reproduksi pria terdiri atas kelamin luar dan kelamin dalam .alat kelamin dalam terdiri dari testis yang disebut juga gonad jantan .fungsi testis adalah sebagai alat untuk memproduksi sel-sel sperma dan juga memproduksi hormon kelamin jantan yang disebut testosteron. Saluran reproduksi terdiri dari epididimis,vasdiferen,saluran ejakulasi, dan uretra.kelenjar kelamin terdiri dari vesikula seminalis ,kelenjar prostat,kelenjar cowper.
2. Alat kelamin luar terdiriatas penis dan skrotum.didalam penis terdapat uretra yaitu saluran yang dikelilingi oleh erektil yang rongganya banyak dan mengandung pembulu darah.
·         Alat kelamin wanita terdiri atas alat kelamin luar dan dalam. Alat kelamin luar terdiri atas vulva, labium, dan saluran vagina. Sedangkan alat kelamin dalam terdiri atas ovarium, tuba fallofi, uterus dan vagina.
·         Setelah ovulasi, sel telur meninggalkan ovarium dan ditangkap oleh fimbra lalu masuk ke saluran telur atau tuba fallopi. Telur yang masuk ke tuba fallopi akan mengalami dua kemungkinan, yaitu dibuahi atau tidak oleh sel spermatozoa. Bila tidak terjadi pembuahan akan terjadi mensturasi. Bila terjadi pembuahan akan diikuti peristiwa kehamilan. Embrio akan berkembang menjadi janin dalam Rahim selama lebih kurang 40 minggu, setelah itu siap dilahirkan.
·         Makan terbaik untuk bayi adalah air susu ibu (ASI) karena mengandung zat gizi yang lengkap untuk pertumbuhan dan kecerdasan bayi.ASI mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan susu formula. ASI mengandung zat anti imfeksi,bersih dan bebas kontaminasi.dalam asi terkandung zat asam dokosaheksaenoat(DHA)dan asam arakhidonat (ARA)yang sangat diperlukan  dalam proses perkembangan kecerdasan bayi. 
·         Kontrasepsi bertujuan untuk mencegah terjadinya pembuahan sel telur oleh spermatozoa. Beberapa cara kontrasepsi, yaitu cara hormonal, secara mekanik, secara kimia, sterilisasi, dan sistem kalender.
·         Kesehatan reproduksi didefinisikan sebagai kondisi sehat dari sistem, fungsi dan proses alat reproduksi. Pengertian sehat tersebut tidak semata berarti bebas penyakit atau bebas dari kecacatan, namun juga sehat secara mental serta social-kultural.
·         Penyakit menular seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual. Beberapa macam penyakit yang digolongkan sebagai PMS, antara lain gonore, sifilis, herpes genital, klamidia dan HIV/AIDS.adapun cara pencegahan agar terhindar PMS;
1. Bagi yang belum menikah cara yang paling ampuh adalah tidak melakukan hubungan seksual
2. Saling setia bagi pasangan yang sedang menikah
3. Hindari hubungan  seks yang tidak aman
4. Selalu menggunakan kondom untuk mencegah penularan PMS
5. Selalu alat menjaga kebersihan alat kelamin.
·         Teknologi bayi tabung
Bayi tabung adalah bayi hasil pembuahan diluar tubuh atau fertilisasi in vitro.sel telur diambil dari indung telur seorang wanita,kemudian ditempatkan pada suatu media cawan  petri .selanjutnya diberikan sperma dari suaminya.dicawan inilah diharapkan  berlangsung pertemuan antara ovum dan sperma. Bila di ikuti pembuahan maka akan dihasilkan satu atau beberapa zigot .selanjutnya zigot yang membelah menjadi embrio dipindahkan kedalam rahim atau uterus ibu kandungnya.
3) Materi Prinsip
Materi organisasi kehidupan yang harus dikuasai adalah :
-          Pengertian Sistem Reproduksi Manusia
-          Pembentukan sel gamet
-          Struktur dan fungsi
-          Sistem reproduksi
-          Kontrasepsi
-          Kesehatan reproduksi
-          Penyakit menular seksual
-          Teknologi bayi tabung
4)      Pro­sedur/deskripsi materi
-          Pengertian sistem reproduksi
-          Struktur dan fungsi
-          Sistem reproduksi
-          Kesehatan reproduksi
-          Teknologi bayi tabung

 VI.            Pendekatan, metode, dan model pembelajaran
Pendekatan           : scientific (pendekatan ilmiah)
Metode                : ceramah, diskusi,dan penugasan
Model                  : Cooperative learning
VII.      Media, Alat dan Sumber Belajar
·           Media
LKS
Power Point
Gambar/Foto/video tentang materi sistem reproduksi
·           Alat/Bahan
LCD, papan tulis, spidol dll.
·         Sumber Belajar:
-          Buku : Prawihorantono,Slamet dan Sri Hidayati.2007.Sains Biologi 2 SMA/MA.Jakarta:BUMIAKSARA.
-          Internet

VIII.            Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 : 2 X 45 menit
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Memberikan salam dan berdoa
·         Pengkondisian kelas
·         Membagi siswa dalam beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 7 siswa
·         Mengabsensi
·         Apersepsi
20 menit
Kegiatan inti
Mengamati
·         Menampilkan gambar bagian-bagian reproduksi


Gambar. Bagian reproduksi

Menanya
·         Siswa menyebutkan hasil gambar bagian-bagian alat reproduksi dan fungsi alat reproduksi?
·         Siswa mendiskusikan berbagai kelainan-kelainan pada alat reproduksi?

Mencoba
·         Menjelaskan proses reproduksi pada manusia.

Mengasosiasikan
·         Siswa dapat menyimpulkan hasil gambar bagian-bagian reproduksi
·         Siswa dapat menyimpulkan bagian-bagian alat reproduksi dan fungsi-fungsi alat reproduksi
·         Siswa dapat mengaitkan tentang kelainan reproduksi yang terjadi

Mengkomunikasikan
·         Mempersentasikan hasil diskusi antar kelompok oleh perwakilan kelompok bagian-bagian dari reproduksi manusia
60 menit
Penutup
·         Memberikan tugas pekerjaan rumah (PR) kepada siswa
·         Membaca doa selesai pembelajaran
10    enit

IX.        Penilaian
1.      Jenis / Teknik Penilaian
·      Penilaian presentasi
·      Penilaian tes essay
2.      Instrumen penilaian
·      Instrumen penilaian presentasi
·      Instrumen penilaian tes essay

Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah 4 Jakarta



(__________________________)
NIP/NIK :

…..…………, …..-…..- 20 …….
Guru Biologi



(_______________________)
NIP/NIK :



RUBRIK PENILAIAN PRESENTASI

Nomor Kelompok                   :   
Nama Anggota                        :
Waktu Presentasi                    :   
Materi                                      :   

No.
Aspek yang dinilai
1
2
3
1.
Pemahaman materi



2.
Penjelasan dalam menyampaikan persentasi hasil gambar



3.
Penyampaian



4.
Kontak mata




Penjelasan skala pada setiap kriteria sebagai berikut :
1)      Pemahaman materi
1  : siswa tidak memahami materi yang dipresentasikan
2  : siswa kurang memahami materi yang dipresentasikan
3  : siswa memahami seluruh materi yang dipresentasikan
2)   Penjelasan dalam menyampaikan persentasi hasil gambar
1 : media yang digunakan memiliki tulisan dan gambar yang tidak jelas.
2 : media yang digunakan memiliki tulisan yang tidak jelas, namun memiliki gambar yang jelas.
3: media yang digunakan memiliki tulisan dan gambar yang sangat jelas.
3)  Penyampaian
1        : penyampaian materi tidak jelas dan cenderung volume suara kecil
2   : penyampaian materi cukup jelas namun volume suara kecil
3   : penyampaian materi jelas serta volume suara lantang
4) Kontak mata
1 : Siswa hanya  membaca media presentasi dan tidak ada kontak mata dengan peserta lain.
2 :  Siswa kadang-kadang menggunakan kontak mata kepada peserta lain, namun masih lebih sering membaca media presentasi.
3 :  Siswa melakukan kontak mata dengan peserta lain dan tidak membaca media presentasi.


 INSTRUMEN PENILAIAN TES ESSAY
   SMA KELAS XI   
BAB SISTEM REPRODUKSI

Nama                           :
Kelas                           :
Mata Pelajaran            :

Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
    1.      Apa yang dimaksud dengan mensturasi?
    2.      Jelaskan bagaimana terjadinya peristiwa mensturasi!
    3.      Sebutkan hormone-hormon kelamin yang bertanggung jawab terhadap dinding rahim!
    4.      Jelaskan proses terjadinya kehamilan!
    5.      Sebutkan penyakit menular seksual dan penyebabnya!
      KUNCI JAWABAN
   1.      Mentruasi adalah perubahan fisiologi dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkalaedan dipengaruhi oleh hormone reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.
    2.      Peristiwa mentruasi mengalami empat fase, yaitu fase menstruasi, fase praovulasi, fase ovulasi, dan fase pascaovulasi.
-          Fase menstruasi : bila sel telur tidak dibuahi setelah berusia tertentu korpus luteum yang merupakan penghasilan hormone estrogen dan progesteronmenghentikan aktifitasnya. Akibatnya kadar hormone tersebut didalam darah mengalami reduksi mendadak. Peristiwa ini terjadi pada lima hari awal menstruasi.
-          Faseovulasi : turunya progesteron memungkinkan hipofisi menyekriksakan FSH merangsang folikel dalam ovarium dalam reproduksi hormon esterogen. Esterogen ini akan menghambat hipofisis memproduksi FSH, tetapi memacu hipofisi memproduksi LH. Disamping itu, esterogen juga merangsan penebalan endometrium rahim.
-          Face ovulasi : terhentinya produksi FSh oleh hipofisis akibat pengaruh tingginya kadar esterogen, memungkinkan hipofisis memproduksi LH. Hormon LH merangsang pematangan ovum dan meninggalkan folikel. Peristiwa ini disebut ovulasi. Folikel yang ditinggalkan telur akan mengerut dan berubah menjadi korpus luteum (badan berwarna kuning). Badan ini memproduksi progesteron. Fase ini terjadi ke 14 dari waktu mentruasi yang berkisar 24-35 hari (28hari).
-          Fase fascaovulasi : fase ini merupakan waktu antara ovulasi dengan menstruasi berikutnya.jadi, berlangsung dari ke -15 hingga hari ke 28. Hormon yang berperan pada fase ini adalah  prosgeteron dan estrogen yang dihasilkan korpus luteum.bila tidak terjadi pembuahan ,korpus luteum akan berubah menjadi korpus  albikans ( badan warna putih) yang kemampuannya memproduksi  estrogen dan progesteron amat rendah. Akibatnya, kadar gula hormon ini dalam darah menurun. Keadaan ini menyebabkan hipofisis aktif   memproduksi FSH dan selanjutnya LH.faseovuulasi  akan bersambung dengan fase berikutnya, sehingga terjadilah siklus menstruasi. Untuk memamhami fase-fase dari luar menstruasi.
      3.      Hormon yang mempengaruhi dinding sel adalah LH dan FSH
    4.       Bersatunya  sebuah spermatozoa dengan sebuah sel telur disebut fertilisasi  atau pembuahan .Apabila pada tuba fallopi terjadi pembuahan dan dihasilkan zigot maka zigot  yang terbentuk ini akan bergerak ke arah rahim  untuk menempel pada dinding rahim. Di rahim, zigot akan berkembang menjadi embrio  terus menjadi janin.
    5.       A.Gonore (GO)
Kuman penyebabnya bakteri neisseria  gonorrhoeae.
B. Sifilis (raja singa)bakteri  treponema pallidum
C.Herpes  genital
Disebabkan oleh virus herpes simplex
D. Klamidia
Disebabkan oleh  bakteri  chlamydia  trachomatis.
E. Triomononiasis
Disebabkan  oleh parasit Trichomonas  vaginalis.
F.kandidiasis  vagina
Disebab oleh jamur candida  albicans
g.kutil kelamin
penyebab kutil kelamin adalah human papilloma virus (HPV)
H. HIV/AIDS
AIDS disebabkan oleh HIV (Human  immuno virus )


 
KISI-KISI PENULISAN SOAL
SMAN 1 CIKARANG BARAT
ULANGAN HARIAN KELAS XI
MATA PELAJARAN BIOLOGI
TAHUN 2013/2013

NO.
KOMPETENSI DASAR
JUMLAH SOAL
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NOMER SOAL
1
3.12 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
2
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan struktur jaringan penyusun organ reproduksi.
ESSAY
1



Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan fungsi penyusun organ reproduksi.
ESSAY
2
2
4.13 Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
2
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan kelainan pada struktur organ reproduksi.
ESSAY
3



Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan kelainan pada fungsi organ reproduksi.
ESSAY
4
3
4.14 Memecahkan masalah kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.
1
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan terjadinya proses kehamilan.
ESSAY
5
JUMLAH SOAL
5


JAKARTA, .... - .... – 20...   
PEMBUAT                          


FANNY RAHMAWATI     
NIP.                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar