RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
RPP
INI DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS MATAKULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN
DISUSUN
OLEH :
FANNY
RAHMAWATI
1201145038
DOSEN
PEMBIMBING
RIZKIA
SUCIATI, M.Pd
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
2014
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SMAN 1
CIKARANG BARAT
Mata
Pelajaran : BIOLOGI
Kelas/Semester : XI IPA/2 (Dua)
Materi
Pokok : SISTEM
REPRODUKSI MANUSIA
Alokasi
Waktu : 2 x 45
menit
I.
Kompetensi
Inti
KI
1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI
2 : Mengembangkan
perilaku (religious, jujur, mandiri, demokratis, komunikatif,
tanggung
jawab, kerjasama dan disiplin) mampu
berinteraksi dan
menempatkan diri
secara efektif dengan lingkungan social dan alam.
KI
3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual dan procedural
dalam ilmu
pengetahuan, teknologi seni budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan
terkait fenomena yang terjadi untuk memecahkan masalah.
KI
4 : Mengolah, menalar dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
pengembagan dari
yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
II.
Kompetensi
Dasar
3.12 Menganalisis hubungan
antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam
proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi.
4.13 Menyajikan hasil
analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan
gangguan sistem reproduksi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
4. 14 Memecahkan masalah kepadatan penduduk
dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.
III.
Indikator:
-
Menjelaskan pengertian
dari Sistem Reproduksi Manusia.
-
Menjelaskan pembentukan
sel gamet.
-
Menjelaskan struktur
dan fungsi sistem.
-
Menjelaskan kesehatan
reproduksi.
-
Menjelaskan penyakit
menular seksual.
-
Menjelaskan teknologi
bayi tabung.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa
kelas XI mampu untuk:
1. Memahami
dan menjelaskan struktur, fungsi, dan proses sistem reproduksi pada manusia.
2. Menjelaskan
kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi manusia
3. Menjelaskan
teknologi yang berkaiatan dengan kelainan yang terjadi pada sistem reproduksi
manusia.
V.
Materi
Ajar
1. Materi Fakta
·
Berbagai gambar, foto
dan video tentang Sistem Reproduksi Manusia.
2.
Materi
Konsep
·
Pembentukan sel gamet dapat dibedakan menjadi dua .yaitu pembentukan
gamet (sel kelamin) jantan atau sperma disebut spermatogenesis dan
pembentukansel betina atau ovum disebut oogenesis
·
Stuktur dan fungsi
sistem reproduksi
1.
Alat reproduksi pria terdiri atas kelamin luar dan kelamin dalam .alat kelamin
dalam terdiri dari testis yang disebut juga gonad jantan .fungsi testis adalah
sebagai alat untuk memproduksi sel-sel sperma dan juga memproduksi hormon
kelamin jantan yang disebut testosteron. Saluran reproduksi terdiri dari
epididimis,vasdiferen,saluran ejakulasi, dan uretra.kelenjar kelamin terdiri
dari vesikula seminalis ,kelenjar prostat,kelenjar cowper.
2.
Alat kelamin luar terdiriatas penis dan skrotum.didalam penis terdapat uretra
yaitu saluran yang dikelilingi oleh erektil yang rongganya banyak dan
mengandung pembulu darah.
·
Alat kelamin wanita
terdiri atas alat kelamin luar dan dalam. Alat kelamin luar terdiri atas vulva,
labium, dan saluran vagina. Sedangkan alat kelamin dalam terdiri atas ovarium,
tuba fallofi, uterus dan vagina.
·
Setelah ovulasi, sel
telur meninggalkan ovarium dan ditangkap oleh fimbra lalu masuk ke saluran
telur atau tuba fallopi. Telur yang masuk ke tuba fallopi akan mengalami dua
kemungkinan, yaitu dibuahi atau tidak oleh sel spermatozoa. Bila tidak terjadi
pembuahan akan terjadi mensturasi. Bila terjadi pembuahan akan diikuti
peristiwa kehamilan. Embrio akan berkembang menjadi janin dalam Rahim selama
lebih kurang 40 minggu, setelah itu siap dilahirkan.
·
Makan terbaik untuk
bayi adalah air susu ibu (ASI) karena mengandung zat gizi yang lengkap untuk
pertumbuhan dan kecerdasan bayi.ASI
mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan susu formula. ASI mengandung
zat anti imfeksi,bersih dan bebas kontaminasi.dalam asi terkandung zat asam
dokosaheksaenoat(DHA)dan asam arakhidonat (ARA)yang sangat diperlukan dalam proses perkembangan kecerdasan
bayi.
·
Kontrasepsi bertujuan
untuk mencegah terjadinya pembuahan sel telur oleh spermatozoa. Beberapa cara
kontrasepsi, yaitu cara hormonal, secara mekanik, secara kimia, sterilisasi,
dan sistem kalender.
·
Kesehatan reproduksi
didefinisikan sebagai kondisi sehat dari sistem, fungsi dan proses alat
reproduksi. Pengertian sehat tersebut tidak semata berarti bebas penyakit atau
bebas dari kecacatan, namun juga sehat secara mental serta social-kultural.
·
Penyakit menular
seksual (PMS) adalah penyakit yang ditularkan melalui hubungan seksual.
Beberapa macam penyakit yang digolongkan sebagai PMS, antara lain gonore,
sifilis, herpes genital, klamidia dan HIV/AIDS.adapun cara pencegahan agar terhindar PMS;
1.
Bagi yang belum menikah cara yang paling ampuh adalah tidak melakukan hubungan
seksual
2.
Saling setia bagi pasangan yang sedang menikah
3.
Hindari hubungan seks yang tidak aman
4.
Selalu menggunakan kondom untuk mencegah penularan PMS
5.
Selalu alat menjaga kebersihan alat kelamin.
·
Teknologi bayi
tabung
Bayi tabung
adalah bayi hasil pembuahan diluar tubuh atau fertilisasi in vitro.sel telur
diambil dari indung telur seorang wanita,kemudian ditempatkan pada suatu media
cawan petri .selanjutnya diberikan
sperma dari suaminya.dicawan inilah diharapkan
berlangsung pertemuan antara ovum dan sperma. Bila di ikuti pembuahan
maka akan dihasilkan satu atau beberapa zigot .selanjutnya zigot yang membelah
menjadi embrio dipindahkan kedalam rahim atau uterus ibu kandungnya.
3)
Materi Prinsip
Materi organisasi
kehidupan yang harus dikuasai adalah :
-
Pengertian Sistem Reproduksi Manusia
-
Pembentukan sel gamet
-
Struktur dan fungsi
-
Sistem reproduksi
-
Kontrasepsi
-
Kesehatan reproduksi
-
Penyakit menular seksual
-
Teknologi bayi tabung
4)
Prosedur/deskripsi materi
-
Pengertian sistem reproduksi
-
Struktur dan fungsi
-
Sistem reproduksi
-
Kesehatan reproduksi
-
Teknologi bayi tabung
VI.
Pendekatan,
metode, dan model pembelajaran
Pendekatan : scientific (pendekatan ilmiah)
Metode : ceramah,
diskusi,dan penugasan
Model : Cooperative learning
VII.
Media,
Alat dan Sumber Belajar
·
Media
LKS
Power
Point
Gambar/Foto/video
tentang materi sistem reproduksi
·
Alat/Bahan
LCD,
papan tulis, spidol dll.
·
Sumber Belajar:
-
Buku :
Prawihorantono,Slamet dan Sri Hidayati.2007.Sains
Biologi 2 SMA/MA.Jakarta:BUMIAKSARA.
-
Internet
VIII.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1 : 2
X 45 menit
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Memberikan salam dan
berdoa
·
Pengkondisian kelas
·
Membagi siswa dalam
beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri atas 7 siswa
·
Mengabsensi
·
Apersepsi
|
20 menit
|
Kegiatan
inti
|
Mengamati
·
Menampilkan gambar
bagian-bagian reproduksi
Gambar.
Bagian reproduksi
Menanya
·
Siswa menyebutkan
hasil gambar bagian-bagian alat reproduksi dan fungsi alat reproduksi?
·
Siswa mendiskusikan
berbagai kelainan-kelainan pada alat reproduksi?
Mencoba
·
Menjelaskan proses
reproduksi pada manusia.
Mengasosiasikan
·
Siswa dapat
menyimpulkan hasil gambar bagian-bagian reproduksi
·
Siswa dapat
menyimpulkan bagian-bagian alat reproduksi dan fungsi-fungsi alat reproduksi
·
Siswa dapat
mengaitkan tentang kelainan reproduksi yang terjadi
Mengkomunikasikan
·
Mempersentasikan
hasil diskusi antar kelompok oleh perwakilan kelompok bagian-bagian dari
reproduksi manusia
|
60 menit
|
Penutup
|
·
Memberikan tugas
pekerjaan rumah (PR) kepada siswa
·
Membaca doa selesai
pembelajaran
|
10 enit
|
IX.
Penilaian
1. Jenis
/ Teknik Penilaian
· Penilaian
presentasi
· Penilaian
tes essay
2. Instrumen
penilaian
·
Instrumen penilaian
presentasi
·
Instrumen penilaian tes
essay
Mengetahui,
Kepala SMA Muhammadiyah 4 Jakarta
(__________________________)
NIP/NIK :
|
|
…..…………, …..-…..- 20 …….
Guru Biologi
(_______________________)
NIP/NIK :
|
RUBRIK
PENILAIAN PRESENTASI
Nomor
Kelompok :
Nama Anggota :
Waktu Presentasi :
Materi :
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
1
|
2
|
3
|
1.
|
Pemahaman materi
|
|
|
|
2.
|
Penjelasan dalam
menyampaikan persentasi hasil gambar
|
|
|
|
3.
|
Penyampaian
|
|
|
|
4.
|
Kontak mata
|
|
|
|
Penjelasan skala pada setiap
kriteria sebagai berikut :
1) Pemahaman
materi
1 :
siswa tidak memahami materi yang dipresentasikan
2 :
siswa kurang memahami materi yang dipresentasikan
3 :
siswa memahami seluruh materi yang dipresentasikan
2) Penjelasan dalam menyampaikan persentasi
hasil gambar
1 : media
yang digunakan memiliki tulisan dan gambar yang tidak jelas.
2 : media
yang digunakan memiliki tulisan yang tidak jelas, namun memiliki gambar yang
jelas.
3:
media yang digunakan memiliki tulisan dan gambar yang sangat jelas.
3)
Penyampaian
1
: penyampaian materi tidak jelas dan cenderung volume suara kecil
2 : penyampaian materi cukup
jelas namun volume suara kecil
3 : penyampaian materi jelas
serta volume suara lantang
4) Kontak mata
1 : Siswa hanya membaca media presentasi dan tidak ada
kontak mata dengan peserta lain.
2 : Siswa
kadang-kadang menggunakan kontak mata kepada peserta lain, namun masih lebih
sering membaca media presentasi.
3 : Siswa
melakukan kontak mata dengan peserta lain dan tidak membaca media presentasi.
INSTRUMEN
PENILAIAN TES ESSAY
SMA KELAS XI
BAB
SISTEM
REPRODUKSI
Nama :
Kelas :
Mata Pelajaran :
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1. Apa
yang dimaksud dengan mensturasi?
2. Jelaskan
bagaimana terjadinya peristiwa mensturasi!
3. Sebutkan
hormone-hormon kelamin yang bertanggung jawab terhadap dinding rahim!
4. Jelaskan
proses terjadinya kehamilan!
5. Sebutkan
penyakit menular seksual dan penyebabnya!
KUNCI JAWABAN
1.
Mentruasi adalah
perubahan fisiologi dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkalaedan
dipengaruhi oleh hormone reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron.
2.
Peristiwa mentruasi
mengalami empat fase, yaitu fase menstruasi, fase praovulasi, fase ovulasi, dan
fase pascaovulasi.
-
Fase menstruasi : bila
sel telur tidak dibuahi setelah berusia tertentu korpus luteum yang merupakan
penghasilan hormone estrogen dan progesteronmenghentikan aktifitasnya.
Akibatnya kadar hormone tersebut didalam darah mengalami reduksi mendadak.
Peristiwa ini terjadi pada lima hari awal menstruasi.
-
Faseovulasi : turunya progesteron memungkinkan hipofisi
menyekriksakan FSH merangsang folikel dalam ovarium dalam reproduksi hormon
esterogen. Esterogen ini akan menghambat hipofisis memproduksi FSH, tetapi
memacu hipofisi memproduksi LH. Disamping itu, esterogen juga merangsan
penebalan endometrium rahim.
-
Face ovulasi :
terhentinya produksi FSh oleh hipofisis akibat pengaruh tingginya kadar
esterogen, memungkinkan hipofisis memproduksi LH. Hormon LH merangsang
pematangan ovum dan meninggalkan folikel. Peristiwa ini disebut ovulasi.
Folikel yang ditinggalkan telur akan mengerut dan berubah menjadi korpus luteum
(badan berwarna kuning). Badan ini memproduksi progesteron. Fase ini terjadi ke
14 dari waktu mentruasi yang berkisar 24-35 hari (28hari).
-
Fase fascaovulasi :
fase ini merupakan waktu antara ovulasi dengan menstruasi berikutnya.jadi,
berlangsung dari ke -15 hingga hari ke 28. Hormon yang berperan pada fase ini
adalah prosgeteron dan estrogen yang
dihasilkan korpus luteum.bila tidak terjadi pembuahan ,korpus luteum akan
berubah menjadi korpus albikans ( badan
warna putih) yang kemampuannya memproduksi
estrogen dan progesteron amat rendah. Akibatnya, kadar gula hormon ini
dalam darah menurun. Keadaan ini menyebabkan hipofisis aktif memproduksi FSH dan selanjutnya
LH.faseovuulasi akan bersambung dengan
fase berikutnya, sehingga terjadilah siklus menstruasi. Untuk memamhami
fase-fase dari luar menstruasi.
3.
Hormon yang
mempengaruhi dinding sel adalah LH dan FSH
4.
Bersatunya
sebuah spermatozoa dengan sebuah sel telur disebut fertilisasi atau pembuahan .Apabila pada tuba fallopi
terjadi pembuahan dan dihasilkan zigot maka zigot yang terbentuk ini akan bergerak ke arah
rahim untuk menempel pada dinding rahim.
Di rahim, zigot akan berkembang menjadi embrio
terus menjadi janin.
5.
A.Gonore (GO)
Kuman penyebabnya bakteri neisseria gonorrhoeae.
B. Sifilis (raja
singa)bakteri treponema pallidum
C.Herpes genital
Disebabkan oleh virus herpes simplex
D. Klamidia
Disebabkan oleh
bakteri chlamydia
trachomatis.
E. Triomononiasis
Disebabkan oleh
parasit Trichomonas vaginalis.
F.kandidiasis vagina
Disebab oleh jamur candida albicans
g.kutil
kelamin
penyebab kutil kelamin adalah human papilloma virus (HPV)
H. HIV/AIDS
AIDS disebabkan oleh HIV (Human immuno virus )
KISI-KISI PENULISAN SOAL
SMAN 1 CIKARANG BARAT
ULANGAN HARIAN KELAS XI
MATA PELAJARAN BIOLOGI
TAHUN 2013/2013
NO.
|
KOMPETENSI
DASAR
|
JUMLAH SOAL
|
INDIKATOR
SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NOMER SOAL
|
1
|
3.12 Menganalisis hubungan
antara struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam
proses reproduksi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan
simulasi.
|
2
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan struktur
jaringan penyusun organ reproduksi.
|
ESSAY
|
1
|
|
|
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan
fungsi penyusun organ reproduksi.
|
ESSAY
|
2
|
2
|
4.13 Menyajikan hasil
analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan
gangguan sistem reproduksi manusia melalui berbagi bentuk media presentasi.
|
2
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan
kelainan pada struktur organ reproduksi.
|
ESSAY
|
3
|
|
|
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan
kelainan pada fungsi organ reproduksi.
|
ESSAY
|
4
|
3
|
4.14 Memecahkan masalah
kepadatan penduduk dengan menerapkan prinsip reproduksi manusia.
|
1
|
Disajikan paparan, peserta didik dapat menentukan
terjadinya proses kehamilan.
|
ESSAY
|
5
|
JUMLAH SOAL
|
5
|
JAKARTA, .... - .... – 20...
PEMBUAT
FANNY RAHMAWATI
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar