RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA NEGERI 88 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata
Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/2
Materi : Animalia
Alokasi
waktu : 9 X 45 menit (3 pertemuan)
A.Kompetensi Inti :
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,
dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar :
1.2 Menyadari
dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
2.1 Berperilaku
ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan dan
berargumentasi, peduli lingkungan,
gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam
dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar
kelas/laboratorium.
3.8 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk
menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan
pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
Indikator :
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri umum kingdom
animalia
2.
Mengelompokkan kingdom Animalia berdasarkan
ciri-ciri umum animalia
3.
Mengidentifikasi ciri-ciri porifera
4.
Mengklasifikasikan filum porifera
berdasarkan ciri-cirinya
5.
Menyebutkan contoh-contoh dari porifera
6.
Menjelaskan proses perkembangbiakan
porifera
7.
Mengidentifikasi ciri-ciri coelenterate
8.
Mengklasifikasikan filum coelenterata
berdasarkan ciri-cirinya
9.
Menyebutkan contoh-contoh dari
coelenterate
10.
Menjelaskan proses perkembangbiakan
coelenterate
11.
Mengidentifikasi ciri-ciri
Platyhelmintes
12.
Mengklasifikasikan platyhelminthes
berdasarkan ciri-cirinya
13.
Menyebutkan contoh-contoh dari Platyhelmintes
14.
Menjelaskan proses perkembangbiakan Platyhelmintes
15.
Mengidentifikasi ciri-ciri
Nemathelmintes
16.
Mengklasifikasikan nemathelminthes
berdasarkan ciri-cirinya
17.
Menyebutkan contoh-contoh dari
Nemathelmintes
18.
Menjelaskan proses perkembangbiakan
Nemathelmintes
19.
Mengidentifikasi ciri-ciri Annelida
20.
Mengklasifikasikan filum annelida berdasarkan
ciri-cirinya
21.
Menyebutkan contoh-contoh dari Annelida
22.
Menjelaskan proses perkembangbiakan
Annelida
23.
Membedakan antara cacing yang merugikan
dan tidak merugikan
24.
Mengidentifikasi ciri-ciri Molusca
25.
Mengklasifikasikan filum Molusca berdasarkan
ciri-cirinya
26.
Menyebutkan contoh-contoh dari Molusca
27.
Menjelaskan proses perkembangbiakan Molusca
28.
Mengidentifikasi ciri-ciri Arthropoda
29.
Mengklasifikasikan filum Arthropoda berdasarkan
ciri-cirinya
30.
Menyebutkan contoh-contoh dari Arthropoda
31.
Menjelaskan proses perkembangbiakan Arthropoda
32.
Mengidentifikasi ciri-ciri Echinodermata
33.
Mengklasifikasikan filum Echinodermata berdasarkan
ciri-cirinya
34.
Menyebutkan contoh-contoh dari Echinodermata
35.
Menjelaskan proses perkembangbiakan Echinodermata
36.
Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi anatomi
hewan kelas pisces
37.
Mengklasifikasikan hewan kelas pisces
38.
Merancang budi daya ikan tawar (contoh
ikan mas)
39.
Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi
anatomi hewan kelas amphibian
40.
Mengklasifikasikan hewan kelas amphibian
41.
Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi
anatomi hewan reptilian
42.
Mengklasifikasikan hewan reptilian
43.
Menjelaskan ciri-ciri Aves
44.
Mengklasifikasikan hewan yang tergolong
kedalam kelas Aves
45.
Membandingkan hewan-hewan yang tergolong
kedalam kelas Aves
46.
Menjelaskan ciri-ciri Mammalia
47.
Mengklasifikasikan hewan yang tergolong
dalam kelas Mammalia
48.
Membandingkan hewan-hewan yang tergolong
kedalam kelas Mammalia
49.
Mengidentifikasi invertebrata dan
vertebrata yang berperan dalam kehidupan
manusia
50.
Menjelaskan peranan Porifera, Coelenterata, Mollusca,
Platyhelminthes, Annelida, Arthropoda, Echinodermata
51.
Menjelaskan peranan Pisces, Amfibi,
Reptil, Aves, Mamalia
52.
Mensyukuri dan menjaga kelestarian
makhluk ciptaan Tuhan
53.
Mensosialisasikan peranan invertebrata
dan vertebrata untuk kesejahteraan manusia
54.
Membuktikan peranan Planaria atau
Tubifex dalam pencemaran limbah cair
rumah tangga
55.
Membuktikan peranan cacing tanah dalam
menyuburkan tanah
4.8 Menyajikan
data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam bentuk laporan tert
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.
Menyajikan data jenis-jenis invertebrata
berdasarkan pengamatan, termasuk cara perkembangbiakan
2.
Menyajikan data peranan invertebrata
dalam kehidupan.
3.
Menyajikan data jenis-jenis vertebrata berdasarkan pengamatan, termasuk
cara perkembangbiakan
4.
Menyajikan data peranan vertebrata dalam
kehidupan
D. Materi ajar :
fakta,
\
Konsep
• Ciri-ciri umum Animalia.
• Ciri dan klasifikasi hewan
Invertebrata
• Ciri dan
klasifikasi Hewan Vertebrata.
•
Perbedaan invertebrata dan
vertebrata
• Peranan hewan
Invertebrata dan Vertebrata dalam
kehidupan
Prinsip
• Peranan hewan Invertebrata dalam kehidupan
• Peranan Vertebrata dalam kehidupan
Prosedur
Pengamatan terhadap Invertebrata
E. Metode pembelajaran :
•
Inquiry / discovery
• Kajian pustaka
• Diskusi
• Eskperimen
• Penugasan/
kerja kelompok
F. Sumber/ Bahan / Alat
Sumber :
1. Buku Biologi kelas X, Dyah aryulina, Esis
2. Buku Biologi untuk SMA kelas X, karangan D.A Pratiwi, dkk
Erlangga.
3.
Buku –buku
yang relevan.
4.
http://www.oum.ox.ac.uk/thezone/fossils/inverts/
http://www.oum.ox.ac.uk/thezone/animals/animalid/class7.htm
http://kids.britannica.com/elementary/art-88152
Bahan: 1. Buku kerja siswa MGMP Biologi SMA/MA Kota
Pekanbaru
2. Bahan dari internet
3.ppt (
Power point)
Alat : 1. LCD
2. Leptop.
G. Kegiatan Pembelajaran /Langkah – Langkah
Pertemuan
1 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan ( 10 menit )
·
Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi
Guru menanyakan : Sebutkan ciri umum pada Plantae
Jawaban yang diharapkan selnya mempunyai dinding sel,klorofil
·
Motivasi,
Adakah
sel yang tidak memiliki dinding sel ?
·
penyajian prasarat
·
Penyampaian Tujuan pembelajaran:
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri umum kingdom
animalia
2.
Mengelompokkan kingdom Animalia
berdasarkan ciri-ciri umum
3.
animalia
4.
Menyajikan data jenis-jenis invertebrata
berdasarkan pengamatan,
5.
termasuk cara perkembangbiakan
6.
Mengidentifikasi ciri-ciri porifera
7.
Mengklasifikasikan filum porifera
berdasarkan ciri-cirinya
8.
Menyebutkan contoh-contoh dari porifera
9.
Menjelaskan proses perkembangbiakan
porifera
10. Mengidentifikasi
ciri-ciri coelenterate
11. Mengklasifikasikan
filum coelenterata berdasarkan ciri-cirinya
12. Menyebutkan
contoh-contoh dari coelenterate
13. Menjelaskan
proses perkembangbiakan coelenterate
14. Mengidentifikasi
ciri-ciri Platyhelmintes
15. Mengklasifikasikan
platyhelminthes berdasarkan ciri-cirinya
16. Menyebutkan
contoh-contoh dari Platyhelmintes
17. Menjelaskan proses perkembangbiakan Platyhelmintes
18. Mengidentifikasi
ciri-ciri Nemathelmintes
19. Mengklasifikasikan
nemathelminthes berdasarkan ciri-cirinya
20. Menyebutkan
contoh-contoh dari Nemathelmintes
21. Menjelaskan
proses perkembangbiakan Nemathelmintes
B. Kegiatan Inti ( 110 menit )
Mengamati
•peserta didk dalam kelompoknya mengamati berbagai
macam gambar,video hewan invertebrata yang ditampilkan guru melalui proyektor
Menanya
• Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan
perbedaan?
• Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut
berdasarkan ciri-cirinya?
Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Eksplorasi)
• Mengamati ciri umum pengelompokkan porifera,
Coelenterata,Platyhelminthes, dan nemathelminthes berdasarkan ciri-ciri yang
ada dalam Lembaran kerja siswa
Mengasosiasikan
• Mendiskusikan hasil pengamatan porifera, Coelenterata,Platyhelminthes,
dan nemathelminthes untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai dasar
pengelompokannya
•Menjelaskan ciri-ciri hewan porifera,
Coelenterata,Platyhelminthes, dan nemathelminthes dengan menggunakan peta
pikiran
Mengkomunikasikan
• peserta didik secara bergantian mempresentasikan tentang: ciri-ciri
, klasifikasi,contoh dan perkembangbiakan hewan porifera,
Coelenterata,Platyhelminthes, dan nemathelminthes dengan menggunakan peta
pikiran
C. Penutup ( 10 menit )
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel tentang ciri-ciri,klasifikasi contoh
dan perkembangbiakkan hewan Annelida,molusca,Arthropoda dan Echinodermata untuk
pertemuan minggu depan
·
Refleksi /umpan balik
Pertemuan
2 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan
·
Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi
Sebutkan hewan yang termasuk invertebrata
·
, Motivasi,
Guru menapilkan gambar orang yang sedang memancing!
Dan menanyakan Apa umpan yang selalu digunakan untuk
memancing?
Jawaban yang diharapkan cacing tanah.
·
Penyampaian Tujuan pembelajaran:
1.
Mengidentifikasi ciri-ciri Annelida
2.
Mengklasifikasikan filum annelida
berdasarkan ciri-cirinya
3.
Menyebutkan contoh-contoh dari Annelida
4.
Menjelaskan proses perkembangbiakan
Annelida
5.
Membedakan antara cacing yang merugikan
dan tidak merugikan
6.
Mengidentifikasi ciri-ciri Molusca
7.
Mengklasifikasikan filum Molusca
berdasarkan ciri-cirinya
8.
Menyebutkan contoh-contoh dari Molusca
9.
Menjelaskan proses perkembangbiakan
Molusca
10. Mengidentifikasi
ciri-ciri Arthropoda
11. Mengklasifikasikan
filum Arthropoda berdasarkan ciri-cirinya
12. Menyebutkan
contoh-contoh dari Arthropoda
13. Menjelaskan
proses perkembangbiakan Arthropoda
14. Mengidentifikasi
ciri-ciri Echinodermata
15. Mengklasifikasikan
filum Echinodermata berdasarkan ciri-cirinya
16. Menyebutkan
contoh-contoh dari Echinodermata
17. Menjelaskan
proses perkembangbiakan Echinodermata
B. Kegiatan Inti
( 110 menit )
Mengamati
•peserta didk dalam kelompoknya mengamati berbagai
macam gambar,video hewan invertebrata yang ditampilkan guru melalui proyektor
Menanya
• Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan
perbedaan?
• Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut
berdasarkan ciri-cirinya?
Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Eksplorasi)
• Mengamati ciri umum pengelompokkan hewan Annelida, molusca, Arthropoda
dan Echinodermata berdasarkan ciri-ciri yang ada dalam Lembaran kerja siswa
Mengasosiasikan
• Mendiskusikan hasil pengamatan Annelida,molusca,Arthropoda dan
Echinodermata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai dasar
pengelompokannya
•Menjelaskan ciri-ciri hewan Annelida,molusca,Arthropoda dan
Echinodermata dengan menggunakan peta pikiran
Mengkomunikasikan
• peserta didik secara bergantian mempresentasikan tentang: ciri-ciri
, klasifikasi,contoh dan perkembangbiakan hewan Annelida, molusca, Arthropoda
dan Echinodermata dengan menggunakan peta pikiran
C, Penutup
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel tentang ciri-ciri,klasifikasi contoh
dan perkembangbiakkan hewan kelas Pisces , Amphibia, Reptilia, Aves dan
mamalia untuk pertemuan minggu depan
·
Refleksi /umpan balik
Pertemuan 3 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan
·
Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi
·
, Motivasi,
·
penyajian prasarat
·
Penyampaian Tujuan pembelajaran:
1.
Menyajikan data jenis-jenis vertebrata berdasarkan pengamatan,
termasuk
cara perkembangbiakan
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi
anatomi hewan kelas pisces
3.
Mengklasifikasikan hewan kelas pisces
4.
Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi
anatomi hewan kelas amphibia
5.
Mengklasifikasikan hewan kelas amphibia
6.
Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi
anatomi hewan reptilian
7.
Mengklasifikasikan hewan reptilian
8.
Menjelaskan ciri-ciri Aves
9.
Mengklasifikasikan hewan yang tergolong
kedalam kelas Aves
10. Membandingkan
hewan-hewan yang tergolong kedalam kelas Aves
11. Menjelaskan
ciri-ciri Mammalia
12. Mengklasifikasikan
hewan yang tergolong dalam kelas Mammalia
13. Membandingkan
hewan-hewan yang tergolong kedalam kelas Mammalia
B. Kegiatan Inti
( 110 menit )
Mengamati
• Mengamati berbagai macam hewan vertebrata melalui gambar/film
Menanya
Siswa menanyakan
tentang:
• Begitu
banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
• Bagaimana
mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?
Mengumpulkan
Data (Eksperimen/Eksplorasi)
• Mengamati
ciri umum pengelompokkan hewan vertebrata melalui obyek atau gambar yang ada
pada lembaran kerja siswa ( LKS)
• Mendiskusikan
hasil pengamatan vertebrata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya
sebagai dasar pengelompokannya
• Membandingkan
kompleksitas ciri hewan-hewan vertebrata
Mengasosiasikan
• Didalam
kelompok peserta didik dalam kelompok
masing-masing dapat menjelaskan tentang kompleksitas ciri yang digunakan
sebagai dasar pengelompokan keanekaragaman vertebrata
• Menjelaskan
ciri-ciri hewan vertebrata dengan menggunakan peta pikiran
Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan ciri-ciri vertebrata dalam bentuk tabel
perbandingan kompleksitas sistem organnya
C, Penutup
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel peranan invertebrate dan vertebrata
dalam kehidupan
·
Refleksi /umpan balik
Pertemuan 4 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan
·
Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·
Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·
Apersepsi
·
, Motivasi,
·
penyajian prasarat
·
Penyampaian Tujuan pembelajaran
:
1.
Mengidentifikasi invertebrata dan
vertebrata yang berperan dalam
2.
kehidupan manusia
3.
Menyajikan data peranan invertebrata
dalam kehidupan
4.
Menjelaskan peranan Porifera,
Coelenterata, Mollusca,
5.
Platyhelminthes, Annelida, Arthropoda,
Echinodermata
6.
Menjelaskan peranan Pisces, Amfibi,
Reptil, Aves, Mamalia
7.
Mensyukuri dan menjaga kelestarian
makhluk ciptaan Tuhan
8.
Mensosialisasikan peranan invertebrata
dan vertebrata untuk
9.
kesejahteraan manusia
10. Membuktikan
peranan Planaria atau Tubifex dalam
pencemaran
limbah cair rumah tangga
11. Membuktikan
peranan cacing tanah dalam menyuburkan tanah
12. Menyajikan
data peranan vertebrata dalam kehidupan
B. Kegiatan Inti
( 110 menit )
Mengamati
• Mengamati berbagai
macam kegiatan dan produk yang berhubungan dengan hewan invertebrata dan
vertebrata melalui gambar/charta atau film
Menanya
Siswa dimotivasi untuk
menanyakan tentang:
• Apa peran hewan-hewan tersebut
bagi kehidupan dan lingkungan hidup.
Mengumpulkan Data
(Eksperimen/Eksplorasi)
• Mengidentifikasi peran hewan
Invertebrata dan Vertebrata berdasarkan pengamatan gambar atau film
• Mendiskusikan peranan
invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan
pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang
Mengasosiasikan
• Menggunakan hasil diskusi dari
pengamatan untuk membuat kesimpulan tentang peran hewan Invertebrata dan
Vertebrata dalam ekosistem dan ekonomi masyarakat serta ilmu pengetahuan.
• Menganalisis kemungkinan bila
terjadi pemanfaatan hewan-hewan tersebut yang bernilai ekonomi tetapi tidak
dikelola secara bijaksana bagi lingkungan maupun nilai ekonomi itu sendiri
Mengkomunikasikan:
Peserta
didik Menjelaskan tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta
peran invertebrate dan vertebrata didepan kelas yang ditujuk
oleh setiap kelompok secara bergantian
Membuat usulan cara pemanfaatan yang berwawasan pembangunan
berkelanjutan.
C, Penutup
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel dari berbagai sumber tentang:
1.
Komponen ekosistem
2.
Aliran energi
3.
Daur biogeokimia.
4.
Interaksi dalam ekosistem
·
Refleksi /umpan balik
H. Penilaian
1. Jenis / Teknik Penilaian
• Portofolio (Hasil , Rangkuman)
•observasi Sikap
•Performance/tes Praktik
• Tes Tertulis ( Essay )
•Lembar penilaian antar teman
2.Penilaian Produk
Instrumen penilaian
• Intrumen
Penilaian Portofolio
• Instrumen
Penilaian Sikap
• Instrumen
Penilaian Diskusi
• Instrumen penilaian produk
• Instrumen
tes menggunakan tes tertulis uraian
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
Materi : Animalia
Kelas/Semester :
X/2
Hari/Tanggal :
KOMPETENSI SIKAP
SPIRITUAL
|
||
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi Dasar
|
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.2 Menyadari dan mengagumi
pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.
|
|
Contoh
rubrik mengagumi pola pikir ilmiah
|
||
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
|
AB
|
Selalu mengagumi
pola pikir ilmiah konsisten
|
|
B
|
Sering mengagumi
pola pikir ilmiah konsisten
|
|
C
|
Kadang-kadang mengagumi pola pikir ilmiah belum
konsisten
|
|
K
|
Tidak mengagumi
pola pikir ilmiah tidak konsisten
|
|
KOMPETENSI SIKAP
SOSIAL
|
||
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi Dasar
|
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai
data dan fakta, disiplin, tanggung
jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan
pertanyaan dan berargumentasi,
peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat
secara
ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam kelas/ laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
|
|
Contoh rubrik Peduli
terhadap keselamatan diri dan lingkungan
|
||
KRITERIA
|
INDIKATOR
|
|
AB
|
Selalu Peduli
terhadap keselamatan diri dan guru serta teman
sudah konsisten
|
|
B
|
Sering Peduli
terhadap keselamatan diri dan guru
serta teman
-mulai konsisten
|
|
C
|
Kadang-kadang Peduli
terhadap keselamatan diri dan guru serta
teman - belum konsisten
|
|
K
|
Tidak Peduli terhadap
keselamatan diri dan guru dan teman
- tidak konsisten
|
|
No.
|
Nama
Siswa
|
KRITERIA
SIKAP
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Disiplin
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
*) Ketentuan:
·
1
= jika peserta didik tidak konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
·
2
= jika peserta didik belum konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator, tetapi belum konsisten
·
3
= jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam
indikator
·
4
= jika peserta didik sudah konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera
dalam indikator
FORMAT PENILAIAN
Nilai :
Jumlah Skor X 4
=
20( skor Max)
PENILAIAN
KETERAMPILAN
Materi :
Kelas/Semester :
X/2
Hari/Tanggal :
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO
PRAKTIKUM BIOLOGI
|
||
KRITERIA
|
SKOR
|
INDIKATOR
|
Persiapan
Skor maks 3
|
3
|
Pemilihan alat dan bahan tepat
|
2
|
Pemilihan alat dan bahan kurang tepat
|
|
1
|
Pemilihan alat dan bahan tidak tepat
|
|
Pelaksanaan
Skor Maks 9
|
3
|
Rangkaian alat tepat dan rapi
|
2
|
Rangkaian alat kurang tepat dan kurang rapi
|
|
1
|
Rangkaian alat tidak tepat dan tidak rapi
|
|
3
|
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat
|
|
2
|
Langkah kerja atau waktu pelaksanaan kurang tepat
|
|
1
|
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat
|
|
3
|
Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan
|
|
2
|
Kurang Memperhatikan keselamatan kerja atau kebersihan
|
|
1
|
Tidak Memperhatikan keselamatan kerja dan
kebersihan
|
|
Hasil
Skor
maks 6
|
3
|
Data
akurat
|
2
|
Data
kurang akurat
|
|
1
|
Data
tidak akurat
|
|
3
|
Kesimpulan
Tepat
|
|
2
|
Kesimpulan kurang Tepat
|
|
1
|
Kesimpulan tidak Tepat
|
|
Laporan
Skor
maks 3
|
3
|
Tampilan menarik dan bahasa
sesuai kaidah
|
2
|
Tampilan kurang menarik atau
bahasa sesuai kaidah
|
|
1
|
Tampilan tidak menarik dan
bahasa tidak sesuai kaidah
|
No.
|
Nama
Siswa
|
INDIKATOR
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||||
Alat dan bahan
|
Rangkaian alat
|
Langkah kerja
|
Keselamatan
kerja
|
data
|
kesimpulan
|
Tampilan
laporan
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
FORMAT PENILAIAN
Nilai :
Jumlah Skor X 4
=
Skor maks (21)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar