Rabu, 09 Maret 2016

RPP ANIMALIA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA NEGERI 88 JAKARTA
 TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/2
Materi                         : Animalia
Alokasi waktu             : 9 X 45 menit (3 pertemuan)

A.Kompetensi Inti    : 
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan proaktif dan menunjukan  sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya  tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan  wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari  yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 B. Kompetensi Dasar           :
1.2 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati  bioproses.
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan  dan berargumentasi, peduli lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
              kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.8 Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan hewan ke dalam filum berdasarkan  pengamatan anatomi dan morfologi serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
Indikator :
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri umum kingdom animalia
2.      Mengelompokkan kingdom Animalia berdasarkan ciri-ciri umum animalia
3.      Mengidentifikasi ciri-ciri porifera
4.      Mengklasifikasikan filum porifera berdasarkan ciri-cirinya
5.      Menyebutkan contoh-contoh dari porifera
6.      Menjelaskan proses perkembangbiakan porifera
7.      Mengidentifikasi ciri-ciri coelenterate
8.      Mengklasifikasikan filum coelenterata berdasarkan ciri-cirinya
9.      Menyebutkan contoh-contoh dari coelenterate
10.  Menjelaskan proses perkembangbiakan coelenterate
11.  Mengidentifikasi ciri-ciri Platyhelmintes
12.  Mengklasifikasikan platyhelminthes berdasarkan ciri-cirinya
13.  Menyebutkan contoh-contoh dari Platyhelmintes
14.  Menjelaskan  proses perkembangbiakan Platyhelmintes
15.  Mengidentifikasi ciri-ciri Nemathelmintes
16.  Mengklasifikasikan nemathelminthes berdasarkan ciri-cirinya
17.  Menyebutkan contoh-contoh dari Nemathelmintes
18.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Nemathelmintes
19.  Mengidentifikasi ciri-ciri Annelida
20.  Mengklasifikasikan filum annelida berdasarkan ciri-cirinya
21.  Menyebutkan contoh-contoh dari Annelida
22.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Annelida
23.  Membedakan antara cacing yang merugikan dan tidak merugikan
24.  Mengidentifikasi ciri-ciri Molusca
25.  Mengklasifikasikan filum Molusca berdasarkan ciri-cirinya
26.  Menyebutkan contoh-contoh dari Molusca
27.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Molusca
28.  Mengidentifikasi ciri-ciri Arthropoda
29.  Mengklasifikasikan filum Arthropoda berdasarkan ciri-cirinya
30.  Menyebutkan contoh-contoh dari Arthropoda
31.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Arthropoda
32.  Mengidentifikasi ciri-ciri Echinodermata
33.  Mengklasifikasikan filum Echinodermata berdasarkan ciri-cirinya
34.  Menyebutkan contoh-contoh dari Echinodermata
35.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Echinodermata
36.  Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi anatomi hewan kelas pisces
37.  Mengklasifikasikan hewan kelas pisces
38.  Merancang budi daya ikan tawar (contoh ikan mas)
39.  Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi anatomi hewan kelas amphibian
40.  Mengklasifikasikan hewan kelas amphibian
41.  Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi anatomi hewan reptilian
42.  Mengklasifikasikan hewan reptilian
43.  Menjelaskan ciri-ciri Aves
44.  Mengklasifikasikan hewan yang tergolong kedalam kelas Aves
45.  Membandingkan hewan-hewan yang tergolong kedalam kelas Aves
46.  Menjelaskan ciri-ciri Mammalia
47.  Mengklasifikasikan hewan yang tergolong dalam kelas Mammalia
48.  Membandingkan hewan-hewan yang tergolong kedalam kelas Mammalia
49.  Mengidentifikasi invertebrata dan vertebrata yang berperan dalam kehidupan manusia
50.  Menjelaskan peranan  Porifera, Coelenterata, Mollusca, Platyhelminthes, Annelida, Arthropoda, Echinodermata
51.  Menjelaskan peranan Pisces, Amfibi, Reptil, Aves, Mamalia
52.  Mensyukuri dan menjaga kelestarian makhluk ciptaan Tuhan
53.  Mensosialisasikan peranan invertebrata dan vertebrata untuk kesejahteraan manusia
54.  Membuktikan peranan Planaria atau Tubifex  dalam pencemaran limbah cair rumah tangga
55.  Membuktikan peranan cacing tanah dalam menyuburkan tanah

4.8  Menyajikan data tentang perbandingan kompleksitas jaringan penyusun tubuh hewan dan  perannya pada berbagai aspek kehidupan dalam  bentuk laporan tert         
      Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.        Menyajikan data jenis-jenis invertebrata berdasarkan pengamatan, termasuk cara perkembangbiakan
2.        Menyajikan data peranan invertebrata dalam kehidupan.
3.        Menyajikan data jenis-jenis  vertebrata berdasarkan pengamatan, termasuk cara perkembangbiakan
4.        Menyajikan data peranan vertebrata dalam kehidupan

D. Materi ajar :
 fakta,
\

Konsep
Ciri-ciri umum Animalia.
          






  Ciri dan klasifikasi hewan Invertebrata
  Ciri dan klasifikasi Hewan Vertebrata.
      Perbedaan invertebrata dan vertebrata
  Peranan hewan Invertebrata dan  Vertebrata dalam kehidupan


Prinsip
Peranan hewan Invertebrata dalam kehidupan
Peranan Vertebrata dalam kehidupan

Pro­sedur
Pengamatan terhadap Invertebrata



E. Metode pembelajaran   :  
         Inquiry / discovery
      Kajian  pustaka
      Diskusi
      Eskperimen
      Penugasan/ kerja kelompok
  
                                            
F. Sumber/ Bahan / Alat
Sumber   :
                  1.  Buku  Biologi kelas X, Dyah aryulina, Esis
                  2. Buku Biologi untuk SMA  kelas X, karangan D.A Pratiwi, dkk
                             Erlangga.
                        3.  Buku –buku yang relevan.
                        4. http://www.oum.ox.ac.uk/thezone/fossils/inverts/
    http://www.oum.ox.ac.uk/thezone/animals/animalid/class7.htm
    http://kids.britannica.com/elementary/art-88152
 
 Bahan: 1. Buku kerja siswa MGMP Biologi SMA/MA Kota Pekanbaru
    2. Bahan dari internet
    3.ppt ( Power point)

   Alat       : 1.  LCD
       2.  Leptop.                       


G. Kegiatan Pembelajaran /Langkah – Langkah
Pertemuan 1 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan ( 10 menit )
·         Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·         Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·         Apersepsi
Guru menanyakan : Sebutkan  ciri umum pada Plantae
Jawaban yang diharapkan  selnya mempunyai dinding sel,klorofil
·         Motivasi,
Adakah sel yang tidak memiliki  dinding sel ?
·          penyajian prasarat
·         Penyampaian Tujuan pembelajaran:
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri umum kingdom animalia
2.      Mengelompokkan kingdom Animalia berdasarkan ciri-ciri umum
3.      animalia
4.      Menyajikan data jenis-jenis invertebrata berdasarkan pengamatan,
5.      termasuk cara perkembangbiakan
6.      Mengidentifikasi ciri-ciri porifera
7.      Mengklasifikasikan filum porifera berdasarkan ciri-cirinya
8.      Menyebutkan contoh-contoh dari porifera
9.      Menjelaskan proses perkembangbiakan porifera
10.  Mengidentifikasi ciri-ciri coelenterate
11.  Mengklasifikasikan filum coelenterata berdasarkan ciri-cirinya
12.  Menyebutkan contoh-contoh dari coelenterate
13.  Menjelaskan proses perkembangbiakan coelenterate
14.  Mengidentifikasi ciri-ciri Platyhelmintes
15.  Mengklasifikasikan platyhelminthes berdasarkan ciri-cirinya
16.  Menyebutkan contoh-contoh dari Platyhelmintes
17.  Menjelaskan  proses perkembangbiakan Platyhelmintes
18.  Mengidentifikasi ciri-ciri Nemathelmintes
19.  Mengklasifikasikan nemathelminthes berdasarkan ciri-cirinya
20.  Menyebutkan contoh-contoh dari Nemathelmintes
21.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Nemathelmintes

B. Kegiatan Inti ( 110 menit )
Mengamati
•peserta didk dalam kelompoknya mengamati berbagai macam gambar,video hewan invertebrata yang ditampilkan guru melalui proyektor
Menanya
• Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
• Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
• Mengamati ciri umum pengelompokkan porifera, Coelenterata,Platyhelminthes, dan nemathelminthes berdasarkan ciri-ciri yang ada dalam Lembaran kerja siswa

Mengasosiasikan
• Mendiskusikan hasil pengamatan porifera, Coelenterata,Platyhelminthes, dan nemathelminthes untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokannya
•Menjelaskan ciri-ciri hewan porifera, Coelenterata,Platyhelminthes, dan nemathelminthes dengan menggunakan peta pikiran

Mengkomunikasikan
• peserta didik secara bergantian mempresentasikan tentang: ciri-ciri , klasifikasi,contoh dan perkembangbiakan hewan porifera, Coelenterata,Platyhelminthes, dan nemathelminthes dengan menggunakan peta pikiran

C. Penutup ( 10 menit )
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel tentang ciri-ciri,klasifikasi contoh dan perkembangbiakkan hewan Annelida,molusca,Arthropoda dan Echinodermata untuk pertemuan minggu depan

·         Refleksi /umpan balik

Pertemuan 2 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan
·         Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·         Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·         Apersepsi
Sebutkan hewan yang termasuk invertebrata
·         , Motivasi,
Guru menapilkan gambar orang yang sedang memancing!
Dan menanyakan Apa umpan yang selalu digunakan untuk memancing?
Jawaban yang diharapkan cacing tanah.
·         Penyampaian Tujuan pembelajaran:
1.      Mengidentifikasi ciri-ciri Annelida
2.      Mengklasifikasikan filum annelida berdasarkan ciri-cirinya
3.      Menyebutkan contoh-contoh dari Annelida
4.      Menjelaskan proses perkembangbiakan Annelida
5.      Membedakan antara cacing yang merugikan dan tidak merugikan
6.      Mengidentifikasi ciri-ciri Molusca
7.      Mengklasifikasikan filum Molusca berdasarkan ciri-cirinya
8.      Menyebutkan contoh-contoh dari Molusca
9.      Menjelaskan proses perkembangbiakan Molusca
10.  Mengidentifikasi ciri-ciri Arthropoda
11.  Mengklasifikasikan filum Arthropoda berdasarkan ciri-cirinya
12.  Menyebutkan contoh-contoh dari Arthropoda
13.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Arthropoda
14.  Mengidentifikasi ciri-ciri Echinodermata
15.  Mengklasifikasikan filum Echinodermata berdasarkan ciri-cirinya
16.  Menyebutkan contoh-contoh dari Echinodermata
17.  Menjelaskan proses perkembangbiakan Echinodermata

B. Kegiatan Inti ( 110 menit )
Mengamati
•peserta didk dalam kelompoknya mengamati berbagai macam gambar,video hewan invertebrata yang ditampilkan guru melalui proyektor
Menanya
• Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
• Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
• Mengamati ciri umum pengelompokkan hewan Annelida, molusca, Arthropoda dan Echinodermata berdasarkan ciri-ciri yang ada dalam Lembaran kerja siswa

Mengasosiasikan
• Mendiskusikan hasil pengamatan Annelida,molusca,Arthropoda dan Echinodermata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokannya
•Menjelaskan ciri-ciri hewan Annelida,molusca,Arthropoda dan Echinodermata dengan menggunakan peta pikiran

Mengkomunikasikan
• peserta didik secara bergantian mempresentasikan tentang: ciri-ciri , klasifikasi,contoh dan perkembangbiakan hewan Annelida, molusca, Arthropoda dan Echinodermata dengan menggunakan peta pikiran

C, Penutup
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel tentang ciri-ciri,klasifikasi contoh dan perkembangbiakkan hewan kelas Pisces , Amphibia, Reptilia, Aves dan mamalia  untuk pertemuan minggu depan

·         Refleksi /umpan balik

Pertemuan 3 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan
·         Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·         Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·         Apersepsi
·         , Motivasi,
·          penyajian prasarat
·         Penyampaian Tujuan pembelajaran:
1.      Menyajikan data jenis-jenis  vertebrata berdasarkan pengamatan,
          termasuk cara perkembangbiakan
2.      Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi anatomi hewan kelas pisces
3.      Mengklasifikasikan hewan kelas pisces
4.      Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi anatomi hewan kelas amphibia
5.      Mengklasifikasikan hewan kelas amphibia
6.      Mengidentifikasi ciri-ciri morfologi anatomi hewan reptilian
7.      Mengklasifikasikan hewan reptilian
8.      Menjelaskan ciri-ciri Aves
9.      Mengklasifikasikan hewan yang tergolong kedalam kelas Aves
10.  Membandingkan hewan-hewan yang tergolong kedalam kelas Aves
11.  Menjelaskan ciri-ciri Mammalia
12.  Mengklasifikasikan hewan yang tergolong dalam kelas Mammalia
13.  Membandingkan hewan-hewan yang tergolong kedalam kelas Mammalia

B. Kegiatan Inti ( 110 menit )
     Mengamati
• Mengamati berbagai macam   hewan vertebrata melalui gambar/film

Menanya
Siswa menanyakan  tentang:
     Begitu banyaknya jenis hewan, apa persamaan dan perbedaan?
     Bagaimana mengenali kelompok hewan tersebut berdasarkan ciri-cirinya?
Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
     Mengamati ciri umum pengelompokkan hewan vertebrata melalui obyek atau gambar yang ada pada lembaran kerja siswa ( LKS)
     Mendiskusikan hasil pengamatan vertebrata untuk memahami berbagai ciri yang dimilikinya sebagai dasar pengelompokannya
     Membandingkan kompleksitas ciri hewan-hewan vertebrata

Mengasosiasikan
     Didalam kelompok peserta didik  dalam kelompok masing-masing dapat menjelaskan tentang kompleksitas ciri yang digunakan sebagai dasar pengelompokan keanekaragaman vertebrata
     Menjelaskan ciri-ciri hewan vertebrata dengan menggunakan peta pikiran

Mengkomunikasikan
Peserta didik mempresentasikan  ciri-ciri vertebrata dalam bentuk tabel perbandingan kompleksitas sistem organnya
C, Penutup
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel peranan invertebrate dan vertebrata dalam kehidupan
·         Refleksi /umpan balik

Pertemuan 4 ( 3 x 45 menit)
A. Pendahuluan
·         Salam ,Doa , Sebagai implementasi nilai religius
·         Pengkondisian kelas , sebagai implementasi nilai disiplin
·         Apersepsi
·         , Motivasi,
·          penyajian prasarat
·         Penyampaian Tujuan pembelajaran :
1.      Mengidentifikasi invertebrata dan vertebrata yang berperan dalam
2.      kehidupan manusia
3.      Menyajikan data peranan invertebrata dalam kehidupan
4.      Menjelaskan peranan Porifera, Coelenterata, Mollusca,
5.      Platyhelminthes, Annelida, Arthropoda, Echinodermata
6.      Menjelaskan peranan Pisces, Amfibi, Reptil, Aves, Mamalia
7.      Mensyukuri dan menjaga kelestarian makhluk ciptaan Tuhan
8.      Mensosialisasikan peranan invertebrata dan vertebrata untuk
9.      kesejahteraan manusia
10.  Membuktikan peranan Planaria atau Tubifex  dalam pencemaran
          limbah cair rumah tangga
11.  Membuktikan peranan cacing tanah dalam menyuburkan tanah
12.  Menyajikan data peranan vertebrata dalam kehidupan

B. Kegiatan Inti ( 110 menit )
Mengamati
           Mengamati berbagai macam kegiatan dan produk yang berhubungan dengan hewan invertebrata dan vertebrata melalui gambar/charta atau film

Menanya
Siswa dimotivasi untuk  menanyakan tentang:
Apa peran hewan-hewan tersebut bagi kehidupan dan lingkungan hidup.

Mengumpulkan Data (Eksperimen/Eksplorasi)
Mengidentifikasi peran hewan Invertebrata dan Vertebrata berdasarkan pengamatan gambar atau film
Mendiskusikan peranan invertebrata dan vertebrata dalam ekosistem, ekonomi, masyarakat, dan pengembangan ilmu pengetahuan di masa datang

Mengasosiasikan
Menggunakan hasil diskusi dari pengamatan untuk membuat kesimpulan tentang peran hewan Invertebrata dan Vertebrata dalam ekosistem dan ekonomi masyarakat serta ilmu pengetahuan.
Menganalisis kemungkinan bila terjadi pemanfaatan hewan-hewan tersebut yang bernilai ekonomi tetapi tidak dikelola secara bijaksana bagi lingkungan maupun nilai ekonomi itu sendiri

Mengkomunikasikan:
Peserta didik Menjelaskan tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrate dan vertebrata didepan kelas yang ditujuk oleh setiap kelompok  secara bergantian
Membuat usulan cara pemanfaatan yang berwawasan pembangunan berkelanjutan.

C, Penutup
PT( Penugasan Terstruktur):
Mencari artikel dari berbagai sumber tentang:
1.      Komponen ekosistem
2.      Aliran energi
3.      Daur biogeokimia.
4.      Interaksi dalam ekosistem

·         Refleksi /umpan balik
H. Penilaian
 1.        Jenis / Teknik Penilaian
Portofolio (Hasil , Rangkuman)
•observasi  Sikap
•Performance/tes Praktik
Tes Tertulis ( Essay )
•Lembar penilaian antar teman


2.Penilaian Produk
 Instrumen penilaian
           Intrumen Penilaian Portofolio
           Instrumen Penilaian Sikap
           Instrumen Penilaian Diskusi
           Instrumen penilaian produk
           Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian

                                           





















INSTRUMEN  PENILAIAN  SIKAP

Materi                          : Animalia
Kelas/Semester            :  X/2
Hari/Tanggal                : 
KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL

Kompetensi  Inti

            Kompetensi  Dasar
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
1.2 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan mengamati bioproses.

Contoh rubrik mengagumi pola pikir ilmiah
KRITERIA
INDIKATOR
AB
Selalu mengagumi pola pikir ilmiah konsisten
B
Sering mengagumi pola pikir ilmiah konsisten
C
Kadang-kadang mengagumi pola pikir ilmiah belum konsisten
K
Tidak mengagumi pola pikir ilmiah tidak konsisten




KOMPETENSI SIKAP SOSIAL

Kompetensi  Inti

            Kompetensi  Dasar
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas  berbagai permasalahan dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia

2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,  tanggung jawab, dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan              santun dalam mengajukan pertanyaan  dan berargumentasi, peduli   lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
 secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap  tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/ laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.


Contoh rubrik Peduli terhadap keselamatan diri dan lingkungan
KRITERIA
INDIKATOR
         AB
Selalu Peduli terhadap keselamatan diri dan guru serta teman sudah konsisten
B
Sering Peduli terhadap keselamatan diri dan guru  serta  teman -mulai konsisten
C
Kadang-kadang Peduli terhadap keselamatan diri dan guru serta  teman -  belum konsisten
K
Tidak Peduli terhadap keselamatan diri dan guru dan teman - tidak konsisten




No.
Nama Siswa
KRITERIA SIKAP
Jumlah Skor
Nilai
Disiplin
Kerjasama
Kejujuran
Kepedulian
Tanggung jawab
1.








2.








3.








4.








5.








6.








7.








8.








9.








dst








*) Ketentuan:
·           1 = jika peserta didik tidak konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           2 = jika peserta didik belum konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator,  tetapi belum konsisten
·           3 = jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
·           4 = jika peserta didik sudah konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam   indikator


FORMAT PENILAIAN
Nilai :
Jumlah Skor   X 4         =
         20( skor Max)

PENILAIAN  KETERAMPILAN

Materi                          :
Kelas/Semester            :  X/2
Hari/Tanggal                :
                       
RUBRIK PENILAIAN PORTOFOLIO PRAKTIKUM BIOLOGI

KRITERIA
SKOR
INDIKATOR
Persiapan
Skor maks 3
3
Pemilihan alat dan bahan tepat
2
Pemilihan alat dan  bahan kurang tepat
1
Pemilihan alat dan bahan tidak tepat
Pelaksanaan
Skor Maks 9
3
Rangkaian alat tepat dan rapi
2
Rangkaian alat kurang tepat dan kurang  rapi
1
Rangkaian alat tidak tepat dan tidak rapi
3
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tepat
2
Langkah kerja atau waktu pelaksanaan kurang tepat
1
Langkah kerja dan waktu pelaksanaan tidak tepat
3
Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan
2
Kurang Memperhatikan keselamatan kerja atau  kebersihan
1
Tidak Memperhatikan keselamatan kerja dan kebersihan
Hasil
Skor maks 6
3
Data akurat
2
Data kurang akurat
1
Data tidak akurat
3
Kesimpulan Tepat
2
Kesimpulan  kurang Tepat
1
Kesimpulan  tidak Tepat
Laporan
Skor maks 3
3
Tampilan menarik dan bahasa sesuai kaidah
2
Tampilan kurang menarik atau bahasa sesuai kaidah
1
Tampilan tidak menarik dan bahasa tidak sesuai kaidah
No.
Nama Siswa
INDIKATOR
Jumlah Skor





Nilai
Alat dan bahan
Rangkaian alat
Langkah kerja
Keselamatan kerja
data
kesimpulan
Tampilan laporan
1.










2.










3.










4.










5.










6.










7.










8.










9.










dst












FORMAT PENILAIAN
Nilai :
Jumlah Skor   X 4         =
Skor maks (21)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar