Rabu, 09 Maret 2016

RPP PROTISTA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA NEGERI 88 JAKARTA
 TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran            : Biologi
Kelas/Semester            : X/1
Materi                         : Protista
Alokasi waktu             : 9 X 45 menit (3 pertemuan)

A.       Kompetensi Inti
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.        Kompetensi dasar
3.5     Menerapkan prinsip klasifikasi untuk menggolongkan protista berdasarkan  ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan secara teliti dan sistematis.
4.5.   Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk  model/charta/gambar.
C.       Indikator
KD. 3.5.
3.3.1        Mengidentifikasi macam-macam protista
3.3.2        Mengelompokan macam-macam protista mirip hewan  berdasarkan karakteristik (alat gerak)
3.3.3        Mengidentifikasi protista mirip hewan berdasarkan gambar.
3.3.4        Menjelaskan ciri-ciri protista mirip hewan berdasarkan gambar.
3.3.5        Mendiskusikan ciri-ciri protista mirip hewan berdasarkan hasil pengamatan.
3.3.6        Mengklasifikasikan protista mirip hewan berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis.
3.3.7        Menyimpulkan ciri-ciri protista mirip hewan berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis.
3.3.8        Mengkomunikasikan hasil pengamatan dalam bentuk laporan praktikum
KD. 4.5.
4.3.1    Menyusun laporan tertulis hasil pengamatan dan hasil diskusi dirangkum untuk memahami konsep keanekaragaman protista mirip hewan
4.3.2    Laporan pengamatan berbentuk gambar dan ulasan tentang ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan.
4.3.3    Menulis laporan Hasil  praktikum tentang ciri-ciri dan peran  protista dalam kehidupan.
4.3.4    Membuat bahan presentasi tentang ciri-ciri dan peran  protista dalam kehidupan.
D.       Materi Pembelajaran
Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga) dan protista mirip jamur (jamur lendir/slame mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam. Protista memiliki cara makan yang berbeda-beda, dan dapat digolongkan dalam tiga kategori:
1. Protista autototrof, yaitu protista yang memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis. Contohnya : Alga
2. Protista menelan makanan, dengan cara fagositosis melalui membran sel. Contohnya: Protozoa
3. Protista saprofit dan parasit, mencerna makanan di luar sel dan menyerap sari-sari makanannya. Contoh: jamur

Protista dibagi menjadi dua, yaitu :
a.      Protista Mirip Hewan (Protozoa)
Ciri-ciri Protozoa
1) Ukuran tubuh mulai dari 10 mikron-6 mm
2) Bentuk protozoa bervariasi yaitu asimetris, bilateral simetris, radial simetris dan spiral
3) Bergerak dengan flagel, pseudopodia, silia atau dengan gerakan sel itu sendiri
4) Cara hidupnya bebas, komensalisme, mutualisme, parasit
5) Cara mendapatkan makanan dibedakan menjadi : holozoik, saprofit, saprozoik, holozoik
6) Habitatnya di tempat-tempat berair, seperti di selokan, sawah, parit, sungai, dll.
Berdasarkan alat geraknya protozoa dibedakan menjadi 4, yaitu :
1.      Rhizopoda (sarkodina), bergerak dengan kaki semu/pseudopodia.
Contoh dari Rhizopoda:
a.       Entamoeba ginggivalis, menimbulkan sakit gusi/gigi.
b.      Entamoeba histolystica, hidupnya diusus halus manusia, menyebabkan disentri.
c.       Entamoeba coli, hiduup diusus besar manusia, menyebabkan diare.
d.      Foraminifera, membentuk endapan tanah globigerina, fosilnya bisa digunakan sebagai petunjuk adanya sumber minyak bumi.
e.       Radiolara, membentuk tanah radiolaran digunakan sebagai bahan penggosok.
2.      Flagellata (mastigosphora), bergerak dengan flagel/buluh cambuk.
Contoh dari Flagellata:
a.       Euglena viridis, hidupnya di air tawar, memiliki klorofil.
b.      Volvox globator, hidup di air tawar dan berkoloni.
c.       Trypanosoma gambiense, menyebabkan penyakit tidur.
d.      Tryanosoma evansi, menyebabkan penyakit surra/ malas pada ternak.
e.       Leismania donovani, menyebabkan penyakit kalaazar.
f.       Trichomonas vaginalis, menyebabkan keputihan.
3.      Cilliata, bergerak dengan rambut getar/silia.
Contoh dari Cilliata:
a.       Paramecium, hidup di air rendaman jerami.
b.      Didinium, predator paramecium.
c.       Stentor, bentuknya seperti terompet.
d.      Vorticella, bentuknya seperti lonceng bertangkai panjang.
e.       Balantidium coli, di usus besar mamalia bisa menyebabkan diare yang disertai darah.
4.      Sporozoa, tidak memiliki alat gerak. Contoh Plasmodium, penyebab penyakit malaria.
Macam-macam plasmodium:
a.       Plasmodium vivax, menyebabkan malaria tertiana. Demam dengan interval 48 jam (setiap 2 hari)
b.      Plasmodium malariae, menyebabkan penyakit malaria quartana. Demam dengan interval 72 jam.
c.       Plasmodium falcifarum, menyebabkan malaria tropica. Demam tidak teratur.
d.      Plasmodium ovale, menyebabkan malaria yang mirip dengan malaria tertiana.
b.      Protista Mirip Tumbuhan (Algae)
Ciri-ciri umum algae:
1.      Merupakan tumbuhan talus karena belum mempunyai akar, batang, dan daun sejati
2.      Memiliki klorofil
3.      Bersifat eukariotik
4.      Umumnya hidup di air atau tempat basah
Macam-macam algae berdasarkan figmennya:
1.      Algae hijau (cholorphyta)
Figmen      : Clorofil (warna hijau)
Contoh :
Bersel satu tidak bergerak                         : Chlorococcum dan chorella
Bersel satu bergerak                                  : Chlamydomonas
Berbentuk koloni dan bergerak                 : Volvox globator
Berbentuk koloni dan tidak bergerak        : Hydrodictin
Berbentuk benang                                     : Spyrogira, Ulotrix,Oedogonium
Berbentuk lembaran                                  : Ulva dan Chara
2.      Algae keemasan Chrysophyta)
Figmen : xantofil dan karoten
Contoh :
Bersel tunggal       : Diatom, Ochromonas, Navicula
Brbentuk filamen  : Vaucheria

3.      Algae coklat (Phaeophyta)
Figmen : fukosantin (coklat)
Reproduksi secara vegetatif dengan zoospora berflagel dua sedangkan reproduksi secara generatif dengan pertemuan sel sperma dan sel telur. Sperma dihasilkan oleh alat pembiakan yang disebut konseptakel. Konseptakel berkumpul dalam badan penghasil alat pembiak yang disebut reseptakel. Contoh : Sargasum
E.        Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi  Waktu
A.           Kegiatan awal.
1.         Apersepsi (absensi, doa)
2.         Pengkondisian kelas
3.         Mengabsensi
4.         Guru memotivasi siswa menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan ciri-ciri protista
5.         Penyampaian tujuan pembelajaran
10 Menit
B.        Kegiatan inti.
1.      Guru menjelaskan sedikit materi tentang protista
2.      Guru menyilakan siswa untuk bergabung bersama kelompoknya
3.      Siswa diminta untuk mempresentasikan tentang protista
4.      Guru mendampingi siswa presentasi
5.      Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya jawab
6.      Guru meluruskan materi yang sudah di presentasikan oleh siswa
95 Menit
C.       Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang protista
2.      Melakukan evaluasi dengan post test
3.      Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam Protista mirip hewan
20 Menit
    


Pertemuan kedua
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi  Waktu
B.            Kegiatan awal.
1.      Apersepsi (absensi, doa)
2.      Pengkondisian kelas
3.      Mengabsensi
4.      Guru memotivasi siswa menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan protista mirip hewan, “ Apa saja ciri-ciri dan sifat dari protista mirip hewan”
5.      Penyampaian tujuan pembelajaran
10 Menit
B.        Kegiatan inti.
1.      Peserta didik mengamati gambar berbagai macam contoh protista mirip hewan, seperti euglena, volvox, amoeba dan lain sebagainya.
2.      Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan tentang ciri-ciri, klasifikasi dan siklus hidup.
3.      Menggunakan gambar protista mirip hewan yang dibawakan oleh guru, peserta didik melakukan pengamatan sesuai dengan lembar kegiatan yang sudah dibuat
4.      Peserta didik diminta untuk mengklasifikasikan protista mirip hewan berdasarkan ciri-ciri dan dasar pengelompokannya
5.      Peserta didik menyajikan laporan hasil pengamatan dari berbagai gambar yang sudah disediakan secara bergantian didepan kelas tentang ciri, klasifikasi dan siklus hidup
6.      Guru menguatkan konsep apa yang sudah dipaparkan oleh peserta didik
95 Menit
C.       Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang protista mirip hewan
2.      Melakukan evaluasi dengan post test
3.      Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam Protista mirip tumbuhan
20 Menit
Pertemuan ketiga
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi  Waktu
C.      Kegiatan awal.
1.      Apersepsi (absensi, doa)
2.      Pengkondisian kelas
3.      Mengabsensi
4.      Guru memotivasi siswa menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan protista mirip hewan
5.      Penyampaian tujuan pembelajaran
10 Menit
B.        Kegiatan inti.
1.      Peserta didik mengamati gambar berbagai macam contoh protista mirip tumbuhan, seperti chorella, spyrogyra dan lain sebagainya. Dan contoh protista mirip jamur, seperti oomycota
2.      Peserta didik dimotivasi untuk menanyakan tentang ciri-ciri, klasifikasi dan siklus hidup.
3.      Menggunakan gambar protista mirip tmbuhan dan protista mirip jamur yang dibawakan oleh guru, peserta didik melakukan pengamatan sesuai dengan lembar kegiatan yang sudah dibuat
4.      Peserta didik diminta untuk mengklasifikasikan protista mirip hewan berdasarkan ciri-ciri dan dasar pengelompokannya
5.      Peserta didik menyajikan laporan hasil pengamatan dari berbagai gambar yang sudah disediakan secara bergantian didepan kelas tentang ciri, klasifikasi dan siklus hidup
6.      Guru menguatkan konsep apa yang sudah dipaparkan oleh peserta didik
95 Menit
C.       Kegiatan Penutup
4.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang protista
5.      Melakukan evaluasi dengan post test
6.      Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam fungi
20 Menit
H.    Alat (Bahan) / Sumber Belajar:
  • Media : LKS, Power Point,  Gambar/Foto/video tentang teori keanekaragaman hayati
  • Alat/Bahan: LCD, papan tulis, spidol dll.
  • Sumber Belajar:
- Buku : Buku Biologi Kemdikbud 2013 dan buku Biologi 1 penerbit esis,buku biologi 1 penerbit erlangga dan internet dan nara sumber lainnya.
- Internet
I.      Penilaian           
1.      Jenis / Teknik Penilaian
·      Penilaian presentasi
·      Penilaian tes essay
2.      Instrumen penilaian
·      Instrumen penilaian presentasi
·      Instrumen penilaian tes essay





             Jakarta,    1 Juli   2015
Mengetahui,                                                                           
Kepala SMAN 88 Jakarta                                                             Guru  Mata Pelajaran  Biologi




SUSILA HARTONO, M.Pd                                                             DJUWARSONO, S.Pd
 NIP.196707201997031004                                                           NIP.1197007042008011017
INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO
Sekolah                            :_________________________________________________________
Matapelajaran                  :_________________________________________________________
Durasi Waktu                  :_________________________________________________________
Nama Peserta didik         :_________________________________________________________
Kelas/SMT                      :_________________________________________________________

No
KI / KD / PI
Waktu
MACAM PORTOFOLIOA
Jumlah Score
Nilai
Kualitas Rangkumn
Makalah
Laporan  Pengamatan
Laporan Eksperimen
1





























2






















3















Catatan:
PI = Pencapaian Indikator
Untuk setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan yang masuk dalam portofolio. Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 – 100.
Kolom keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan karakteristik yang menonjol dari hasil kerja tersebut.




INSTRUMEN  PENILAIAN DISKUSI

Hasil Penilaian Diskusi
Topik               : ……………………………..…………..
Tanggal           : ……………………………………….
Jumlah Siswa  : …………….……… orang.
                       
No
Nama siswa
Menyampaikan pendapat
Menanggapi
Mempertahankan argumentasi
Jumlah score
Nilai


1
2
3
1
2
3
4
1
2
3
4

































Rubrik :
Menyampaikan pendapat
1.      Tidak sesuai masalah
2.      Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.      Sesuai dengan masalah dan benar
Menanggapi pendapat
1.      Langsung setuju   atau menyanggah tanpa alasan
2.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar tidak sempurna
3.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar 
4.      Setuju atau menyanggah dengan alasan yang benar  dengan didukung referensi

Mempertahankan pendapat
1.      Tidak dapat mempertahankan pendapat
2.      Mampu Mempertahankan pendapat, alasan kurang benar
3.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar tidak didukung referensi
4.      Mampu mempertahankan pendapat, alasan benar didukung referensi





INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN OBSERVASI/PRAKTIK

Indikator:
Mengidentifikasi protozoa dalam rendaman air jerami.

Aspek penilaian         : Psikomotorik
Judul kegiatan           :
Tanggal Penilaian     :
Kelas                           :
                                     
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kesesuaian pelaksanaan dengan cara kerja
Inisiatif dalam bekerja
Kontribusi dalam teman kelompok
Hasil laporan tertulis
1.







2.







3.







4.







5.







6.


































Lampiran Instrumen Penilaian


1.      Penilaian sikap/ minat (afektif)
No.
                    Komponen Penilaian
Skor maksimum
1.
Keaktifan peserta didik
4
2.
Inisiatif dalam menjawab pertanyaan
4
3.
Bekerja sama dalam kelompok
4
Nilai = Skor Perolehan   X 100%
              Skor Maksimum


LAMPIRAN EVALUASI KOGNITIF


Nama Peserta didik                   : ..........................................................
Kelas                                         : ..........................................................
Mata Pelajaran                           : ..........................................................

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat !
1.      Berdasarkan hasil pengamatan siswa SMA kelas X didapat organisme dengan bentuk seperti pada gambar berikut. Apakah hewan tersebut ?
a.       Euglena
b.      Paramaecium
c.       Amoeba
d.      Astasia
e.       Sporozoa

2.      Apakah yang menjadi dasar pengelompokan protista menjadi 4 golongan ?
a.       Terdapat tidaknya alat gerak
b.      Jenis makanannya
c.       Kemiripannya
d.      Cara hidupnya
e.       Kebutuhan oksigen
3.      Cara reproduksi yang dilakukan oleh plasmodium adalah ....
a.       Seksual
b.      Aseksual
c.       Membelah diri
d.      Membelah dan seksual
e.       Partenogenesis
4.      Chlorella merupakan salah satu alga yang cukup memperoleh perhatian para ahli sebagai sumber makanan baru, karena mengandung protein, amilum cukup tinggi. Organisme ini termasuk ....
a.       Alga cokelat
b.      Alga merah
c.       Alga biru
d.      Alga hijau
e.       Alga keemasan
5.      Vector yang menyebarkan patogen penyebab malaria (plasmodium) dari satu inang ke inang lainnya adalah….
a.       Lalat
b.      Kutu busuk
c.       Lintah
d.      Kelelawar
e.       Nyamuk

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat !
1.      Sebutkan peranan Protista yang menguntungkan bagi kehidupan manusia
Rubrik Jawaban Evaluasi
A.      Pilihan Ganda
No.
Jawaban
Skor
1.
B
2
2.
A
2
3.
B
2
4.
D
2
5.
E
2
Total skor
10
B.      Essai

No.

Jawaban

Skor

1.
a)      Bagian dari rantai makanan dalam ekosistem
b)      Memakan bakteri yang bersifat patogen
c)      Menunjukkan adanya kandungan minyak bumi
d)     Sebagai bahan penggosok atau penghalus
e)      Bioindikator pencemaran air
10

Total skor

10










Nilai: ……….
 

 




1 komentar: