RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMA NEGERI 88 JAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas/Semester : X/1
Materi : Protista
Alokasi waktu : 9 X 45 menit (3 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati, mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan
rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
dasar
3.5 Menerapkan prinsip klasifikasi
untuk menggolongkan protista berdasarkan
ciri-ciri umum kelas dan perannya dalam kehidupan melalui pengamatan
secara teliti dan sistematis.
4.5.
Merencanakan dan melaksanan pengamatan tentang ciri-ciri dan peran
protista dalam kehidupan dan menyajikan hasil pengamatan dalam bentuk model/charta/gambar.
C.
Indikator
KD. 3.5.
3.3.1
Mengidentifikasi
macam-macam protista
3.3.2
Mengelompokan
macam-macam protista mirip hewan
berdasarkan karakteristik (alat gerak)
3.3.3
Mengidentifikasi
protista mirip hewan berdasarkan gambar.
3.3.4
Menjelaskan ciri-ciri
protista mirip hewan berdasarkan gambar.
3.3.5
Mendiskusikan ciri-ciri
protista mirip hewan berdasarkan hasil pengamatan.
3.3.6
Mengklasifikasikan
protista mirip hewan berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis.
3.3.7
Menyimpulkan ciri-ciri
protista mirip hewan berdasarkan hasil pengamatan mikroskopis.
3.3.8
Mengkomunikasikan hasil
pengamatan dalam bentuk laporan praktikum
KD.
4.5.
4.3.1 Menyusun laporan
tertulis hasil pengamatan dan hasil diskusi dirangkum untuk memahami konsep
keanekaragaman protista mirip hewan
4.3.2 Laporan
pengamatan berbentuk gambar dan ulasan tentang ciri-ciri dan peran protista
dalam kehidupan.
4.3.3 Menulis
laporan Hasil praktikum tentang
ciri-ciri dan peran protista dalam kehidupan.
4.3.4 Membuat
bahan presentasi tentang ciri-ciri dan peran
protista dalam kehidupan.
D.
Materi Pembelajaran
Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler
yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista
mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga) dan protista mirip jamur
(jamur lendir/slame mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah
beragam. Protista memiliki cara makan yang berbeda-beda, dan dapat digolongkan
dalam tiga kategori:
1. Protista autototrof, yaitu
protista yang memiliki klorofil sehingga mampu berfotosintesis. Contohnya :
Alga
2. Protista menelan makanan,
dengan cara fagositosis melalui membran sel. Contohnya: Protozoa
3. Protista saprofit dan
parasit, mencerna makanan di luar sel dan menyerap sari-sari makanannya.
Contoh: jamur
Protista dibagi menjadi dua, yaitu :
a.
Protista Mirip
Hewan (Protozoa)
Ciri-ciri Protozoa
1) Ukuran tubuh mulai dari 10
mikron-6 mm
2) Bentuk protozoa bervariasi
yaitu asimetris, bilateral simetris, radial simetris dan spiral
3) Bergerak dengan flagel,
pseudopodia, silia atau dengan gerakan sel itu sendiri
4) Cara hidupnya bebas,
komensalisme, mutualisme, parasit
5) Cara mendapatkan makanan dibedakan menjadi : holozoik, saprofit,
saprozoik, holozoik
6) Habitatnya di tempat-tempat berair, seperti di selokan, sawah,
parit, sungai, dll.
Berdasarkan alat geraknya protozoa dibedakan menjadi 4, yaitu :
1.
Rhizopoda
(sarkodina), bergerak dengan kaki semu/pseudopodia.
Contoh dari Rhizopoda:
a. Entamoeba ginggivalis, menimbulkan sakit gusi/gigi.
b. Entamoeba histolystica, hidupnya diusus halus manusia, menyebabkan disentri.
c. Entamoeba coli, hiduup diusus besar manusia, menyebabkan diare.
d. Foraminifera, membentuk endapan tanah globigerina, fosilnya bisa digunakan sebagai petunjuk
adanya sumber minyak bumi.
e. Radiolara, membentuk tanah radiolaran digunakan sebagai bahan penggosok.
2.
Flagellata
(mastigosphora), bergerak dengan flagel/buluh cambuk.
Contoh dari Flagellata:
a. Euglena viridis, hidupnya di air tawar, memiliki klorofil.
b. Volvox globator, hidup di air tawar dan berkoloni.
c. Trypanosoma gambiense, menyebabkan penyakit tidur.
d. Tryanosoma evansi, menyebabkan penyakit surra/ malas pada ternak.
e. Leismania donovani, menyebabkan penyakit kalaazar.
f. Trichomonas vaginalis, menyebabkan keputihan.
3.
Cilliata, bergerak dengan rambut
getar/silia.
Contoh dari Cilliata:
a. Paramecium, hidup di air rendaman jerami.
b. Didinium, predator paramecium.
c. Stentor, bentuknya seperti terompet.
d. Vorticella, bentuknya seperti lonceng bertangkai panjang.
e. Balantidium coli, di usus besar mamalia bisa menyebabkan diare yang disertai darah.
4.
Sporozoa, tidak memiliki alat gerak.
Contoh Plasmodium, penyebab penyakit
malaria.
Macam-macam plasmodium:
a. Plasmodium vivax, menyebabkan malaria tertiana. Demam dengan interval 48 jam (setiap 2
hari)
b. Plasmodium malariae, menyebabkan penyakit malaria quartana. Demam dengan interval 72 jam.
c. Plasmodium falcifarum, menyebabkan malaria tropica. Demam tidak teratur.
d. Plasmodium ovale, menyebabkan malaria yang mirip dengan malaria tertiana.
b.
Protista Mirip
Tumbuhan (Algae)
Ciri-ciri umum
algae:
1. Merupakan tumbuhan talus karena
belum mempunyai akar, batang, dan daun sejati
2. Memiliki klorofil
3. Bersifat eukariotik
4. Umumnya hidup di air atau
tempat basah
Macam-macam algae
berdasarkan figmennya:
1. Algae hijau (cholorphyta)
Figmen : Clorofil (warna hijau)
Contoh :
Bersel satu tidak bergerak :
Chlorococcum dan chorella
Bersel satu bergerak :
Chlamydomonas
Berbentuk koloni dan bergerak :
Volvox globator
Berbentuk koloni dan tidak bergerak :
Hydrodictin
Berbentuk benang :
Spyrogira, Ulotrix,Oedogonium
Berbentuk lembaran :
Ulva dan Chara
2.
Algae keemasan
Chrysophyta)
Figmen : xantofil dan karoten
Contoh :
Bersel tunggal : Diatom, Ochromonas, Navicula
Brbentuk filamen : Vaucheria
3. Algae coklat (Phaeophyta)
Figmen : fukosantin (coklat)
Reproduksi secara vegetatif dengan zoospora berflagel dua sedangkan
reproduksi secara generatif dengan pertemuan sel sperma dan sel telur. Sperma
dihasilkan oleh alat pembiakan yang disebut konseptakel. Konseptakel
berkumpul dalam badan penghasil alat pembiak yang disebut reseptakel.
Contoh : Sargasum
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
A.
Kegiatan awal.
1.
Apersepsi (absensi, doa)
2.
Pengkondisian
kelas
3.
Mengabsensi
4.
Guru
memotivasi siswa menggunakan
berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan ciri-ciri protista
5.
Penyampaian tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
B.
Kegiatan inti.
1. Guru menjelaskan sedikit materi
tentang protista
2. Guru menyilakan siswa untuk
bergabung bersama kelompoknya
3. Siswa diminta untuk
mempresentasikan tentang protista
4. Guru mendampingi siswa
presentasi
5. Siswa diberikan kesempatan
untuk bertanya jawab
6. Guru meluruskan materi yang
sudah di presentasikan oleh siswa
|
95 Menit
|
C.
Kegiatan Penutup
1.
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan tentang protista
2.
Melakukan
evaluasi dengan post test
3.
Guru menginformasikan
materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam Protista mirip hewan
|
20 Menit
|
Pertemuan kedua
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
B.
Kegiatan awal.
1.
Apersepsi (absensi, doa)
2.
Pengkondisian
kelas
3.
Mengabsensi
4.
Guru
memotivasi siswa menggunakan
berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan protista mirip hewan, “ Apa saja ciri-ciri dan sifat
dari protista mirip hewan”
5.
Penyampaian tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
B.
Kegiatan inti.
1. Peserta didik mengamati
gambar berbagai macam contoh protista mirip hewan, seperti euglena, volvox,
amoeba dan lain sebagainya.
2. Peserta didik dimotivasi
untuk menanyakan tentang ciri-ciri, klasifikasi dan siklus hidup.
3. Menggunakan gambar protista
mirip hewan yang dibawakan oleh guru, peserta didik melakukan pengamatan
sesuai dengan lembar kegiatan yang sudah dibuat
4. Peserta didik diminta untuk mengklasifikasikan
protista mirip hewan berdasarkan ciri-ciri dan dasar pengelompokannya
5. Peserta didik menyajikan
laporan hasil pengamatan dari berbagai gambar yang sudah disediakan secara
bergantian didepan kelas tentang ciri, klasifikasi dan siklus hidup
6. Guru menguatkan konsep apa
yang sudah dipaparkan oleh peserta didik
|
95 Menit
|
C.
Kegiatan Penutup
1.
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan tentang protista
mirip hewan
2.
Melakukan
evaluasi dengan post test
3.
Guru menginformasikan
materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam Protista mirip tumbuhan
|
20 Menit
|
Pertemuan ketiga
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
C.
Kegiatan awal.
1.
Apersepsi (absensi, doa)
2.
Pengkondisian
kelas
3.
Mengabsensi
4.
Guru
memotivasi siswa menggunakan
berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan protista mirip hewan
5.
Penyampaian tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
B.
Kegiatan inti.
1. Peserta didik mengamati
gambar berbagai macam contoh protista mirip tumbuhan, seperti chorella, spyrogyra
dan lain sebagainya. Dan contoh protista mirip jamur, seperti oomycota
2. Peserta didik dimotivasi
untuk menanyakan tentang ciri-ciri, klasifikasi dan siklus hidup.
3. Menggunakan gambar protista
mirip tmbuhan dan protista mirip jamur yang dibawakan oleh guru, peserta
didik melakukan pengamatan sesuai dengan lembar kegiatan yang sudah dibuat
4. Peserta didik diminta untuk
mengklasifikasikan protista mirip hewan berdasarkan ciri-ciri dan dasar
pengelompokannya
5. Peserta didik menyajikan
laporan hasil pengamatan dari berbagai gambar yang sudah disediakan secara
bergantian didepan kelas tentang ciri, klasifikasi dan siklus hidup
6. Guru menguatkan konsep apa
yang sudah dipaparkan oleh peserta didik
|
95 Menit
|
C.
Kegiatan Penutup
4.
Guru bersama siswa membuat
kesimpulan tentang protista
5.
Melakukan
evaluasi dengan post test
6.
Guru menginformasikan
materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam fungi
|
20 Menit
|
H. Alat
(Bahan) / Sumber Belajar:
- Media : LKS, Power Point, Gambar/Foto/video tentang teori keanekaragaman hayati
- Alat/Bahan: LCD, papan tulis, spidol dll.
- Sumber Belajar:
- Buku : Buku Biologi Kemdikbud 2013
dan buku Biologi 1 penerbit esis,buku biologi 1 penerbit erlangga dan internet
dan nara sumber lainnya.
- Internet
I.
Penilaian
1.
Jenis / Teknik
Penilaian
· Penilaian
presentasi
· Penilaian
tes essay
2.
Instrumen penilaian
·
Instrumen penilaian
presentasi
·
Instrumen penilaian tes
essay
Jakarta,
1 Juli 2015
Mengetahui,
Kepala SMAN 88 Jakarta Guru Mata Pelajaran Biologi
SUSILA HARTONO, M.Pd DJUWARSONO, S.Pd
NIP.196707201997031004
NIP.1197007042008011017
INSTRUMEN PENILAIAN PORTOFOLIO
Sekolah :_________________________________________________________
Matapelajaran :_________________________________________________________
Durasi Waktu :_________________________________________________________
Nama Peserta didik :_________________________________________________________
Kelas/SMT :_________________________________________________________
No
|
KI / KD / PI
|
Waktu
|
MACAM
PORTOFOLIOA
|
Jumlah Score
|
Nilai
|
|||
Kualitas Rangkumn
|
Makalah
|
Laporan Pengamatan
|
Laporan
Eksperimen
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Catatan:
PI =
Pencapaian Indikator
Untuk
setiap karya peserta didik dikumpulkan dalam satu file sebagai bukti pekerjaan
yang masuk dalam portofolio. Skor menggunakan rentang antara 0 -10 atau 10 –
100.
Kolom
keterangan diisi oleh guru untuk menggambarkan karakteristik yang menonjol dari
hasil kerja tersebut.
INSTRUMEN PENILAIAN DISKUSI
Hasil Penilaian
Diskusi
Topik : ……………………………..…………..
Tanggal : ……………………………………….
Jumlah Siswa : …………….……… orang.
No
|
Nama siswa
|
Menyampaikan pendapat
|
Menanggapi
|
Mempertahankan
argumentasi
|
Jumlah score
|
Nilai
|
||||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik :
Menyampaikan pendapat
1.
Tidak sesuai masalah
2. Sesuai dengan masalah, tapi belum benar
3.
Sesuai dengan masalah dan benar
Menanggapi pendapat
1.
Langsung setuju atau menyanggah tanpa alasan
2. Setuju atau menyanggah dengan alasan yang
benar tidak sempurna
3. Setuju atau menyanggah dengan alasan yang
benar
4. Setuju atau menyanggah dengan alasan yang
benar dengan didukung referensi
Mempertahankan pendapat
1.
Tidak dapat mempertahankan
pendapat
2.
Mampu Mempertahankan pendapat,
alasan kurang benar
3.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar tidak didukung referensi
4.
Mampu mempertahankan pendapat,
alasan benar didukung referensi
INSTRUMEN
PENILAIAN KEGIATAN OBSERVASI/PRAKTIK
Indikator:
Mengidentifikasi protozoa dalam rendaman air jerami.
Aspek penilaian : Psikomotorik
Judul kegiatan :
Tanggal Penilaian :
Kelas :
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Kesesuaian
pelaksanaan dengan cara kerja
|
Inisiatif
dalam bekerja
|
Kontribusi
dalam teman kelompok
|
Hasil
laporan tertulis
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran Instrumen Penilaian
1.
Penilaian sikap/ minat (afektif)
|
||||||||||||
|
||||||||||||
Nilai = Skor Perolehan
X 100%
Skor Maksimum
|
LAMPIRAN
EVALUASI KOGNITIF
Nama Peserta didik :
..........................................................
Kelas :
..........................................................
Mata Pelajaran :
..........................................................
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat !
1.
Berdasarkan hasil pengamatan
siswa SMA kelas X didapat organisme dengan bentuk seperti pada gambar berikut.
Apakah hewan tersebut ?
a.
Euglena
b.
Paramaecium
c.
Amoeba
d.
Astasia
e.
Sporozoa
2.
Apakah yang menjadi dasar
pengelompokan protista menjadi 4 golongan ?
a.
Terdapat tidaknya alat gerak
b.
Jenis makanannya
c.
Kemiripannya
d.
Cara hidupnya
e.
Kebutuhan oksigen
3.
Cara reproduksi yang dilakukan
oleh plasmodium adalah ....
a.
Seksual
b.
Aseksual
c.
Membelah diri
d.
Membelah dan seksual
e.
Partenogenesis
4.
Chlorella merupakan salah satu
alga yang cukup memperoleh perhatian para ahli sebagai sumber makanan baru,
karena mengandung protein, amilum cukup tinggi. Organisme ini termasuk ....
a.
Alga cokelat
b.
Alga merah
c.
Alga biru
d.
Alga hijau
e.
Alga keemasan
5.
Vector yang menyebarkan patogen
penyebab malaria (plasmodium) dari satu inang ke inang lainnya adalah….
a.
Lalat
b.
Kutu busuk
c.
Lintah
d.
Kelelawar
e.
Nyamuk
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan tepat !
1.
Sebutkan peranan Protista yang
menguntungkan bagi kehidupan manusia
Rubrik Jawaban Evaluasi
A. Pilihan Ganda
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
B
|
2
|
2.
|
A
|
2
|
3.
|
B
|
2
|
4.
|
D
|
2
|
5.
|
E
|
2
|
Total skor
|
10
|
B.
Essai
No.
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
a)
Bagian dari rantai
makanan dalam ekosistem
b)
Memakan
bakteri yang bersifat patogen
c)
Menunjukkan
adanya kandungan minyak bumi
d)
Sebagai
bahan penggosok atau penghalus
e)
Bioindikator
pencemaran air
|
10
|
Total skor
|
10
|
|
|||
THANK,S
BalasHapus