RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
:
|
SMA Negeri 88
Jakarta
|
Mata pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/Ganjil
|
Alokasi Waktu
|
:
|
3 x 45 menit
|
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI
1 Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan
dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi Virus
2.1 Berperilaku ilmiah:
teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli
dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan
dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai,
berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap
tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.1 Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan tentang ciri, replikasi, dan peran virus
dalam aspek kesehatan masyarakat.
4.1 Menyajikan data tentang
ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan dalam bentuk model/charta.
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi*)
Indikator KD pada KI-3
3.3.1
Menjelaskan
struktur virus
3.3.2
Menjelaskan daur
hidup virus
3.3.3
Membandingkan daur
litik dan daur lisogenik pada virus
3.3.4
Menjelaskan peranan
virus yang merugikan dan menguntungkan bagi kehidupan manusia
Indikator KD
pada KI-4
4.4.1
Membuat karya
(poster/srtikel, dll) yang berkaitan dengan upaya meminimalisir dampak inveksi
virus dalam kehidupan sehari-hari.
4.4.2
Membuat model sederhana
struktur virus.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Ciri-ciri
Virus
Virus termasuk mikroorganisme, yaitu makhluk hidup yang berukuran hanya
beberapa mikron atau lebih kecil dari itu (1 mikron = 0,001 mm). Berikut ini
adalah ciri-ciri virus, yaitu :
a. Virus bersifat aseluler (tidak
memiliki sel)
b. Virus memiliki ukuran yang
sangat kecil, yaitu antara 25-300 nm (1 nm = m)
c. Hidup sebagai parasit
d. Berkembang biak hanya pada
tubuh inang
e. Dikatakan sebagai benda hidup
dan benda mati.
Dikatakan benda hidup karena dapat berkembangbiak dan memiliki asam
nukleat (DNA/RNA)
Dikatakan benda mati karena dapat dikristalkan
f. Mempunyai bentuk yang
bervariasi (heliks, polihidris, kompleks, dan sampul virus)
2.
Perkembangbiakan
Virus
Virus hanya bisa berkembangbiak jika berada pada tubuh inang.
Perbanyakannya dengan cara bereplikasi (penggandaan) DNA dan RNA di tubuh
inang.
Virus yang menempel pada bakteri disebut bakteriofage.
Replikasi virus ada 2, yaitu :
a. Replikasi Virus Siklus Litik, yaitu virus menghancurkan sel
induk setelah bereplikasi. Dimana tahap-tahapannya adalah adsorbsi, penetrasi,
replikasi, perakitan, lisis.
b. Replikasi Virus Siklus Lisogenik, yaitu virus tidak menghancurkan sel induknya,
tetapi DNAnya bergabung dengan DNA sel induk. Dimana tahap-tahapannya adalah adsorbsi,
penetrasi, penggabungan, pembelahan.
3. Klasifikasi Virus
Menurut sistem ICTV (International Commitee on Taxonomy of Viruses)
terdapat tiga tingkatan takson dalam klasifikasi virus, yaitu famili, genus dan
spesies.
4. Peranan Virus dalam Kehidupan
Peranan virus dalam kehidupan dibagi menjadi dua, yaitu
a. Peranan virus yang
menguntungkan
1. Membuat antitoksin
2. Melemahkan bakteri
3. Memproduksi vaksin
4. Menyerang patogen
b. Peranan virus yang merugikan
1. Pada Tumbuh-tumbuhan : Mozaik pada daun tembakau
Tobacco Mozaic Virus
Mozaik pada kentang Potato Mozaic Virus
2. Mozaik pada tomat Tomato Aucuba Mozaic Virus :
Kerusakan floem pada jeruk Citrus Vein Phloem Degeneration
3. Pada Hewan : Tetelo pada Unggas New Castle
Disease Virus
Cacar pada sapi Vicinia Virus
Lidah biru pada biri-biri Orbivirus
Tumor kelenjar susu monyet Monkey
Mammary Tumor Virus
4. Pada Manusia : Influensa Influenzavirus
AIDS Retrovirus
SARS Coronavirus
Flu burung
Avianvirus
5. Pencegahan dan pengobatan
inveksi virus
a. Vaksin virus
Vaksin virus merupakanformula yang terbuat dari bagian tubuh virus atau
virus hidup yang diinjeksikan kedalam tubuh manusia untuk memperoleh suatu imun
(kekebalan) secara alamiah.
Vaksin virus dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1. Vaksin virus mati, dibuat
dengan cara memurnikan sediaan virus melalui tahap-tahap tertentu dan merusak
sedikit protein virus sehingga virus menjadi tidak aktif.
2. Vaksin virus hidup yang
dilemahkan, dibuat dari virus mutan yang memiliki antigen hampir sama engan
virus liar, tetapi memiliki kemampuan patogen yang sangat lemah.
b. Interferon
Interveron adalah protein yang dihasilkan oleh hewan atau sel biakan
sebagai respon terhadap infeksi virus atau induksi lain dan berfungsi
menghambat replikasi virus dalam suatu sel.
6. Pembiakan Virus
Virus dikembangbiakan untuk berbagai tujun dalam
penelitian dan percobaan, antara lain sebagai berikut :
a. Mengetahui ciri-ciri fisik dan
kimiawi struktur tubuh virus
b. Mempelajari perilaku dan cara
virus menginfeksi tubuh inang
c. Mengetahui masa inkubasi dan
siklus reproduksinya
d. Mengetahui kemungkinan
penyebarannya
e. Untuk pembuatan vaksin
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
A.
Kegiatan awal.
1.
Apersepsi (absensi, doa)
2.
Pengkondisian
kelas
3.
Mengabsensi
4.
Guru
memotivasi siswa menggunakan
berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan virus,” Apa yang dimaksud dengan virus?”
5.
Guru menyampaian tujuan pembelajaran
6.
Guru meminta
peserta didik untuk duduk bersama kelompoknya.
|
10 Menit
|
B. Kegiatan inti.
1. Guru meminta peserta didik untuk
mempresentasikan hasil diskusi kelompok yang sudah diberikan pada pertemuan
sebelumnya di depan kelas.
2. Setiap peserta didik memperhatikan teman kelompoknya
yang sedang presentasi di depan kelas
3. Guru mendampingi peserta
didik dalam berpresentasi
4. Setiap kelompok peserta didik
dipersilakan untuk melakukan
tanya jawab
5. Guru meluruskan hasil diskusi
yang telah dilakukan oleh peserta didik
|
60 Menit
|
C. Kegiatan Penutup
1.
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan tentang ciri-ciri
virus dan struktur virus sesuai dengan
kajiannya (mengasosiasikan)
2.
Guru memberikan tugas
individu dan kelompok untuk membuat laporan tertulis tentang macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi
manusia (mengamati)
3.
Guru menginformasikan
materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia
|
20 Menit
|
Pertemuan 2
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
B.
Kegiatan awal.
1. Apersepsi (absensi, doa)
2.
Pengkondisian kelas
3. Mengabsensi
4. Guru
memotivasi siswa menggunakan
berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi
manusia, “Apa saja macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi
manusia?”
5. Penyampaian tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
B. Kegiatan inti.
1. Guru menjelaskan materi mengenai macam-macam virus
yang menguntungkan dan virus yang merugikan bagi manusia
2. Peserta didik mengamati berbagai macam
gambar bentuk-bentuk virus dengan kelompoknya kemudian menyebutkan
macam-macam virus yang sesuai dengan gambar yang telah diberikan
3. Peserta didik mencari dan mengelompokkan
gambar virus tersebut kedalam virus yang menguntungkan dan virus yang
merugikan bagi manusia
4. Peserta didik mengklasifikasikan
jenis-jenis virus
5. Peserta didik menyajikan laporan hasil
pengamatan dari berbagai jenis virus secara bergantian didepan kelas tentang
ciri dan klasifikasi
|
60 Menit
|
C. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan tentang jenis virus
yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia (mengasosiasikan)
2. Guru
memberikan post tes untuk mereviem kembali materi yang
sudah dipelajari (mengamati)
3. Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu klasifikasi dan replikasi virus
|
20 Menit
|
Pertemuan 3
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
C.
Kegiatan awal.
1. Apersepsi (absensi, doa)
2.
Pengkondisian kelas
3. Mengabsensi
4. Guru
memotivasi siswa menggunakan
berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan replikasi virus, “Bagaimana proses daur litik dan daur
lisogenik yang terjadi pada virus?”
5. Penyampaian tujuan pembelajaran
|
10 Menit
|
B. Kegiatan Inti.
1. Guru menjelaskan materi mengenai replikasi virus daur
lisogenik dan daur litik
2. Peserta didik mengamati proses daur
lisogenik yang terjadi pada virus
3. Peserta didik mencari dan mengelompokkan
gambar proses daur lisogenik daur litik tersebut sesuai dengan urutan yang
benar
4. Peserta didik menyajikan laporan hasil
pengamatan dari berbagai jenis virus secara bergantian didepan kelas tentang
ciri dan klasifikasi
5. Guru meluruskan materi yang dipaparkan
oleh peserta didik
|
60 Menit
|
C. Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa
membuat kesimpulan tentang replikasi
daur lisogenik dan daur litik (mengasosiasikan)
2. Guru
memberikan post tes untuk mereviem kembali materi yang
sudah dipelajari (mengamati)
3. Guru
menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu Monera
|
20
menit
|
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Penilaian
A.
Teknik
penilaian
No.
|
Aspek
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Sikap
|
·
Observasi
kegiatan diskusi
·
Penilaian
diri
·
Penilaian
antar peserta didik
|
·
Lembar
observasi
·
Lembar
penilaian diri
·
Lembar
penilaian antar peserta didik
|
2
|
Pengetahuan
|
·
Tes
tertulis
·
Penugasan
|
·
Soal PG
dan Isian singkat
·
Soal
penugasan
|
3
|
Keterampilan
|
·
Penilaian
produk
|
·
Lembar
pembuatan produk
|
B.
Instrumen
penilaian
-
Penilaian sikap berupa
lembar observasi pada saat melakukan simulasi dan diskusi
-
Penilaian pengetahuan berupa
soal pilihan ganda dan uraian
-
Penilaian keterampilan
berupa lembar pengamatan diskusi Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
2.
Remedial
Pembelajaran remedial dilaksanakan
segera setelah diadakan penilaian pengetahuan dan/atau penilaian keterampilan
bagi peserta didik yang belum mencapai nilai kkm. Strategi pembelajaran
remedial untuk pengetahuan dilaksanakan dengan memberikan penugasan atau tutor
sebaya berdasarkan indikator pencapaian kompetensi yang belum dicapai peserta
didik. Setelah pembelajaran remedial dilakukan tes. Untuk keterampilan
dilaksanakan di luar jam belajar, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan
mengulang kegiatan keterampilan yang belum mencapai ketuntasan.
3.
Pengayaan
Peserta didik yang memperoleh nilai di
atas nilai kkm diberikan tugas untuk membuat makalah tentang pengaruh mutasi
pada pemuliaan tanaman pangan. Tugas dikumpulkan bersamaan dengan
dilaksanakannya tes untuk pembelajaran remedial.
4.
Pedoman Penskoran terlampir
G.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat:
alat yang diperlukan dalam simulasi, Komputer, LCD proyektor, koneksi internet.
2.
Bahan:
gambar tentang macam-macam virus, video tentang daur litik dan lisogenik virus,
lembar kerja
berisi prosedur pelaksanaan diskusi.
3.
Sumber
Belajar: Buku Biologi kelas X Kurikulum 2013,
situs internet yang relevan.
Jakarta,
1 Juli 2015
Guru Bidang Studi
SUSILA HARTONO, M.Pd
NIP.196707201997031004
H.
Lampiran
Instrumen Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
Lembar Penilaian Diri
Mata Pelajaran
|
:
|
BIOLOGI
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII MIPA/GANJIL
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang macam-macam virus
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Virus/ Macam-macam virus
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
1.1.1
Menunjukkan akhlak mulia dalam menyikapi
peristiwa penularan virus HIV dalam kehidupan manusia, seperti tidak
mengucilkan seseorang yang tertular virus HIV.
|
|
|
1.1.2
|
Instrumen:
Penilaian Diri
Topik:Mutasi
|
Nama: ..................
Kelas: ...................
|
Setelah mempelajari materi Mutasi,
Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan nilai persentase
terhadap sikap berikut
No
|
Pernyataan
|
Skor
|
1.
|
Kegiatan pembelajaran tentang
macam-macam virus membuat saya mengaggumi kebesaran Tuhan yang Maha Esa
|
|
2.
|
Saya menyadari bahwa kejadian penyebaran
Virus membuat saya lebih menjaga diri.
|
|
3.
|
Saya tidak akan mengucilkan teman
atau orang lain yang terserang virus HIV karena mereka tidak seharusnya
dikucilkan
|
|
4.
|
Saya akan tetap berteman dan terus
mensuport seseorang yang telah terserang virus HIV
|
|
Jumlah skor
|
|
Berilah skor 1
bila sangat tidak setuju, 2 bila tidak setuju, 3 bila setuju, dan 4 bila sangat
setuju
Nilai peserta didik
dapat menggunakan rumus:
|
Dengan predikat:
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
3,51 – 4,00
|
Baik (B)
|
2,51 – 3,50
|
Cukup (C)
|
1,51 – 2,50
|
Kurang (K)
|
1,00 – 1,50
|
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Predikat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Lembar penilaian antar peserta
didik
Mata Pelajaran
|
:
|
BIOLOGI
|
Kelas/Semester
|
:
|
X /GANJIL
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.2 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan
tentang macam-macam virus yang ada didunia ini,
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data
dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi,
peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan
dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium
maupun di luar kelas/laboratorium
|
Topik/Subtopik
|
:
|
VIRUS/ Macam-macam virus
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
Menunjukkan
akhlak mulia dalam menyikapi peristiwa penularan virus HIV dalam kehidupan
manusia, seperti tidak mengucilkan seseorang yang tertular virus HIV.
Menunjukkan
perilaku:
1.1.1
santun dalam mengajukan pertanyaan dan
berargumentasi pada saat presentasi dan diskusi macam-macam virus pada
makhluk hidup.
1.1.2
berpendapat secara ilmiah dan kritis dalam
berdiskusi macam-macam virus pada makhluk hidup.
|
Instrumen:
Penilaian antar Peserta Didik
-
Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti
pembelajaranBiologi
-
Berikan tanda √ pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil
pengamatannu.
-
Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
-
Petunjuk Penilaian: Perilaku/sikap pada
instrumen di atas ada yang positif (no. 1,3, dan 4) dan ada yang negatif (no.
2 dan 5) Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang
negatif Ya = 1 dan Tidak = 2
|
Selanjutnya guru
dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
No
|
Nama
|
Skor Perilaku
|
Jumlah
|
Nilai
|
Predikat
|
||||
1-2
|
3-4
|
5-6
|
7-8
|
9-10
|
|||||
1
|
…….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
Pemberian predikat:
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik (SB)
|
3,51 – 4,00
|
Baik (B)
|
2,51 – 3,50
|
Cukup (C)
|
1,51 – 2,50
|
Kurang (K)
|
1,00 – 1,50
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Tes Tulis
1) Soal
Pilihan Ganda
Mata Pelajaran
|
:
|
BIOLOGI
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Virus/ Macam-macam virus
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
3.1 Menerapkan pemahaman tentang
virus berkaitan tentang ciri,
replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
|
Instrumen:
Soal:
A.
Pilihan Ganda
Berilah
tanda silang pada jawaban yang benar dan tepat di bawah ini !
1.
Siapakah ilmuan yang
pertama kali menemukan virus?
A.
Louis Pasteur dan Adolf
Meyer
B.
Beyerinch dan Louis
Pasteur
C.
Adolf Meyer dan Louis
Pasteur
D.
Adolf Meyer dan Dmitri
Ivanowsky
E.
Beyerinch dan Dmitri
Ivanowsky
2.
Materi genetik yang
terkandung dalam virus dapat berupa ....
A.
DNA
B.
RNA
C.
DNA atau RNA
D.
kromosom
E.
gen
3.
Di bawah ini manakah
yang bukan merupakan ciri-ciri virus?
A.
ukurannya 10 – 30 nm
B.
hidup sebagai parasit
C.
dapat berkristal
D.
hidup di tempat lembab
E.
memiliki asam nukleat
4.
Virus digolongkan ke
dalam makhluk hidup karena ....
A.
mempunyai DNA atau RNA
B.
dapat dikristalkan
C.
mampu mereplikasi diri
D.
hanya mampu hidup pada
jaringan hidup
E.
terdiri dari senyawa
organik
5.
Virus mampu
bereproduksi pada organisme dengan cara memasukkan asam nukleat ke dalam tubuh
inang dengan tujuan untuk ....
A.
melumpuhkan sel inang
agar tidak dapat bereproduksi
B.
mengendalikan sintesis
protein dan membentuk bagian-bagian tubuhnya
C.
memacu produksi enzim
untuk memecahkan sel inang
D.
mengeluarkan
protoplasma sel inang untuk tempat reproduksi
E.
mengaktifkan inti sel
inang untuk memproduksi enzim
6.
Jenis penyakit yang
disebabkan oleh virus antara lain ....
A.
influenza dan flu
burung
B.
cacar dan malaria
C.
cacar dan TBC
D.
demam berdarah dan
malaria
E.
diare dan flu burung
7.
Dalam penelitian, virus
dikembangbiakan pada ....
A.
agar-agar
B.
cairan gula
C.
cairan kaldu
D.
sel hidup
E.
ekstrak bakteri
8.
Tahapan-tahapan
proliferasi virus yang benar adalah ....
A.
adsorbsi – replikasi –
penetrasi – perakitan – lisis
B.
adsorbsi – penetrasi –
perakitan – replikasi – lisis
C.
adsorbsi – perakitan –
penetrasi – replikasi – lisis
D.
adsorbsi – penetrasi –
replikas – perakitan – lisis
E.
adsorbsi – replikasi –
perakitan – penetrasi – lisis
9.
Virus yang menyerang
bakteri disebut ....
A.
Bakteriofage
B.
Rhabdivirus
C.
Adenovirus
D.
Bakteriovirus
E.
Retrovirus
10. Pernyataan
di bawah ini yang bukan merupakan manfaat virus bagi manusia adalah ....
A.
menyimpan gen
B.
menyimpan DNA
C.
menghasilkan vaksin
D.
memperbanyak bakteri
E.
membuat insulin
11. Ekor
virus yang menempel pada dinding bakteri terjadi pada tahap ....
A.
sintesis
B.
injeksi
C.
perakitan
D.
adsorbsi
E.
melebur
12. Pneyakit
cacar air disebabkan oleh virus ....
A.
Coli
B.
Herper
zoster
C.
Varicella
zoster
D.
Variola
E.
Mata belek
13. Virus
akan menghancurkan sel induk setelah melakukan reproduksi. Pernyataan tersebut
termasuk dalam infeksi secara ....
A.
litik
B.
lisogenik
C.
fase absorbsi dan injeksi
D.
fase penggabungan
E.
replika
14. Penyakit
AIDS dapat menular melalui ....
A.
hubungan seksual
B.
berjabat tangan
C.
saluran pernapasan
D.
bersin
E.
gigitan nyamuk
15. Pendapat
bahwa virus tembakau dapat dikristalkan, merupakan temuan dari ilmuan ....
A.
Dmitri Ivanowsky
B.
Louis Pasteur
C.
M. Beijerinck
D.
Robert Hook
E.
Wendell M. Stanlye
Soal Isian Singkat
Mata Pelajaran
|
:
|
BIOLOGI
|
Kelas/Semester
|
:
|
X/1
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.1
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Virus/ Macam-macam virus
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
3.1 Menerapkan pemahaman tentang
virus berkaitan tentang ciri,
replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
|
1.
Isilah
bagian-bagian virus di bawah ini!
1.
........................................
2. ........................................
3. ........................................
2.
Lengkapi dan jelaskan
tahapan replikasi virus siklus litik!
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Apakah yang dimaksud
dengan..
a)
Parasit ekstraseluler :
………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
b)
Prion : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
c)
Virus telanjang : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
d)
Interferon : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
e)
Bakteriofage : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
f) Kapsomer
: ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
g)
Tobacco Mozaic Virus (TMV) :
…………………………………………………………...…………………………...........................................................................................................................
4. Perbedaan siklus litik dan siklus lisogenik
Siklus Litik
|
Siklus Lisogenik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5. Virus dapat menguntungkan dan merugikan.
a) Menguntungkan
karena........................................................................................
b) Merugikan
karena.................................................................................................
INSTRUMEN
PENILAIAN KEGIATAN PRAKTIK
Indikator :
Merancang model
replikasi virus.
Aspek penilaian : Psikomotorik
Judul kegiatan : Membuat model reproduksi virus
Tanggal Penilaian :
Kelas :
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Kesesuaian gambar dengan
materi
|
Inisiatif/kreativitas
dalam bekerja
|
Kontribusi dalam teman
kelompok
|
Hasil model reproduksi
virus
|
||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
Indikator:
Membuat
daftar usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus
penyebab penyakit AIDS, SARS, herpes, cacar, flu burung, rabies, demam
berdarah, campak, hepatitis,
poliomielitis, chikungunya, influenza
dan berani mengemukakannya melalui diskusi
kelas.
Aspek penilaian : Psikomotorik
Judul kegiatan : Poster kampanye
bebas penyakit AIDS, flu burung, SARS, dan demam berdarah.
Tanggal Penilaian :
Kelas :
No.
|
Nama Siswa
|
Kelompok
|
Aspek yang dinilai dalam
leaflet
|
Skor
|
Nilai
|
|||
Kesesuaian isi dengan
tema
|
Model/Bentuk/Perpaduan
warna poster
|
Kalimat
|
Ketepatan waktu
penyelesaian
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar