Rabu, 09 Maret 2016

RPP VIRUS



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah
:
SMA Negeri 88 Jakarta
Mata pelajaran
:
Biologi
Kelas/Semester
:
X/Ganjil
Alokasi Waktu
:
3 x 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan


B.     Kompetensi Dasar
1.1    Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi Virus
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.1 Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
4.1 Menyajikan  data tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan  dalam bentuk model/charta.

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi*)
Indikator KD pada KI-3
3.3.1        Menjelaskan struktur virus
3.3.2        Menjelaskan daur hidup virus
3.3.3        Membandingkan daur litik dan daur lisogenik pada virus
3.3.4        Menjelaskan peranan virus yang merugikan dan menguntungkan bagi kehidupan manusia
Indikator KD pada KI-4
4.4.1        Membuat karya (poster/srtikel, dll) yang berkaitan dengan upaya meminimalisir dampak inveksi virus dalam kehidupan sehari-hari.
4.4.2        Membuat model sederhana struktur virus.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Ciri-ciri Virus
Virus termasuk mikroorganisme, yaitu makhluk hidup yang berukuran hanya beberapa mikron atau lebih kecil dari itu (1 mikron = 0,001 mm). Berikut ini adalah ciri-ciri virus, yaitu :
a.       Virus bersifat aseluler (tidak memiliki sel)
b.      Virus memiliki ukuran yang sangat kecil, yaitu antara 25-300 nm (1 nm = m)
c.       Hidup sebagai parasit
d.      Berkembang biak hanya pada tubuh inang
e.       Dikatakan sebagai benda hidup dan benda mati.
Dikatakan benda hidup karena dapat berkembangbiak dan memiliki asam nukleat (DNA/RNA)
Dikatakan benda mati karena dapat dikristalkan
f.       Mempunyai bentuk yang bervariasi (heliks, polihidris, kompleks, dan sampul virus)
2.      Perkembangbiakan Virus
Virus hanya bisa berkembangbiak jika berada pada tubuh inang. Perbanyakannya dengan cara bereplikasi (penggandaan) DNA dan RNA di tubuh inang.
Virus yang menempel pada bakteri disebut bakteriofage.
Replikasi virus ada 2, yaitu :
a.       Replikasi Virus Siklus Litik, yaitu virus menghancurkan sel induk setelah bereplikasi. Dimana tahap-tahapannya adalah adsorbsi, penetrasi, replikasi, perakitan, lisis.
Description: http://biologibatik1.files.wordpress.com/2010/03/replikasi-virus1.jpg
b.      Replikasi Virus Siklus Lisogenik,  yaitu virus tidak menghancurkan sel induknya, tetapi DNAnya bergabung dengan DNA sel induk. Dimana tahap-tahapannya adalah adsorbsi, penetrasi, penggabungan, pembelahan.
Description: http://3.bp.blogspot.com/-JpeqjvSYMQA/UJReJc9VnmI/AAAAAAAAAXw/D5N9lsruM18/s1600/lisogen.jpg
3.      Klasifikasi Virus
Menurut sistem ICTV (International Commitee on Taxonomy of Viruses) terdapat tiga tingkatan takson dalam klasifikasi virus, yaitu famili, genus dan spesies.
4.      Peranan Virus dalam Kehidupan
Peranan virus dalam kehidupan dibagi menjadi dua, yaitu
a.       Peranan virus yang menguntungkan
1. Membuat antitoksin
2. Melemahkan bakteri
3. Memproduksi vaksin
4. Menyerang patogen
b.      Peranan virus yang merugikan
1. Pada Tumbuh-tumbuhan : Mozaik pada daun tembakau Tobacco Mozaic Virus
Mozaik pada kentang Potato Mozaic Virus
2. Mozaik pada tomat Tomato Aucuba Mozaic Virus : Kerusakan floem pada jeruk Citrus Vein Phloem Degeneration
3. Pada Hewan : Tetelo pada Unggas New Castle Disease Virus
Cacar pada sapi Vicinia Virus
    Lidah biru pada biri-biri Orbivirus
        Tumor kelenjar susu monyet Monkey Mammary Tumor Virus
4. Pada Manusia : Influensa Influenzavirus
 AIDS Retrovirus
 SARS Coronavirus
 Flu burung Avianvirus
5.      Pencegahan dan pengobatan inveksi virus
a.       Vaksin virus
Vaksin virus merupakanformula yang terbuat dari bagian tubuh virus atau virus hidup yang diinjeksikan kedalam tubuh manusia untuk memperoleh suatu imun (kekebalan) secara alamiah.
Vaksin virus dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1.      Vaksin virus mati, dibuat dengan cara memurnikan sediaan virus melalui tahap-tahap tertentu dan merusak sedikit protein virus sehingga virus menjadi tidak aktif.
2.      Vaksin virus hidup yang dilemahkan, dibuat dari virus mutan yang memiliki antigen hampir sama engan virus liar, tetapi memiliki kemampuan patogen yang sangat lemah.
b.      Interferon
Interveron adalah protein yang dihasilkan oleh hewan atau sel biakan sebagai respon terhadap infeksi virus atau induksi lain dan berfungsi menghambat replikasi virus dalam suatu sel.
6.      Pembiakan Virus
Virus dikembangbiakan untuk berbagai tujun dalam penelitian dan percobaan, antara lain sebagai berikut :
a.       Mengetahui ciri-ciri fisik dan kimiawi struktur tubuh virus
b.      Mempelajari perilaku dan cara virus menginfeksi tubuh inang
c.       Mengetahui masa inkubasi dan siklus reproduksinya
d.      Mengetahui kemungkinan penyebarannya
e.       Untuk pembuatan vaksin

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi  Waktu
A.           Kegiatan awal.
1.         Apersepsi (absensi, doa)
2.         Pengkondisian kelas
3.         Mengabsensi
4.         Guru memotivasi siswa menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan virus,” Apa yang dimaksud dengan virus?”
5.         Guru menyampaian tujuan pembelajaran
6.         Guru meminta peserta didik untuk duduk bersama kelompoknya.
10 Menit
B.        Kegiatan inti.
1.      Guru meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok yang sudah diberikan pada pertemuan sebelumnya di depan kelas.
2.      Setiap peserta didik memperhatikan teman kelompoknya yang sedang presentasi di depan kelas
3.      Guru mendampingi peserta didik dalam berpresentasi
4.      Setiap kelompok peserta didik dipersilakan untuk melakukan tanya jawab
5.      Guru meluruskan hasil diskusi yang telah dilakukan oleh peserta didik
60 Menit
C.       Kegiatan Penutup
1.      Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang ciri-ciri virus dan struktur virus sesuai dengan kajiannya (mengasosiasikan)
2.      Guru memberikan tugas individu dan kelompok untuk membuat laporan tertulis tentang macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia (mengamati)
3.      Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia
20 Menit

Pertemuan 2
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi  Waktu
B.            Kegiatan awal.
1.    Apersepsi (absensi, doa)
2.    Pengkondisian kelas
3.    Mengabsensi
4.    Guru memotivasi siswa menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia, “Apa saja macam-macam virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia?”
5.   Penyampaian tujuan pembelajaran

10 Menit
B.        Kegiatan inti.
1.  Guru menjelaskan materi mengenai macam-macam virus yang menguntungkan dan virus yang merugikan bagi manusia
2.  Peserta didik mengamati berbagai macam gambar bentuk-bentuk virus dengan kelompoknya kemudian menyebutkan macam-macam virus yang sesuai dengan gambar yang telah diberikan
3.  Peserta didik mencari dan mengelompokkan gambar virus tersebut kedalam virus yang menguntungkan dan virus yang merugikan bagi manusia
4.    Peserta didik mengklasifikasikan jenis-jenis virus
5.  Peserta didik menyajikan laporan hasil pengamatan dari berbagai jenis virus secara bergantian didepan kelas tentang ciri dan klasifikasi
60 Menit
C.       Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang jenis virus yang menguntungkan dan merugikan bagi manusia (mengasosiasikan)
2.   Guru memberikan post tes untuk mereviem kembali materi yang sudah dipelajari (mengamati)
3.  Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu klasifikasi dan replikasi virus
20 Menit

Pertemuan 3
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi  Waktu
C.           Kegiatan awal.
1.    Apersepsi (absensi, doa)
2.    Pengkondisian kelas
3.    Mengabsensi
4.    Guru memotivasi siswa menggunakan berbagai tayangan dan pertanyaan yang berhubungan dengan replikasi virus, “Bagaimana proses daur litik dan daur lisogenik yang terjadi pada virus?”
5.   Penyampaian tujuan pembelajaran
10 Menit
B.        Kegiatan Inti.
1.  Guru menjelaskan materi mengenai replikasi virus daur lisogenik dan daur litik
2.   Peserta didik mengamati proses daur lisogenik yang terjadi pada virus
3.   Peserta didik mencari dan mengelompokkan gambar proses daur lisogenik daur litik tersebut sesuai dengan urutan yang benar
4.  Peserta didik menyajikan laporan hasil pengamatan dari berbagai jenis virus secara bergantian didepan kelas tentang ciri dan klasifikasi
5.   Guru meluruskan materi yang dipaparkan oleh peserta didik
60 Menit
C.       Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa membuat kesimpulan tentang replikasi daur lisogenik dan daur litik (mengasosiasikan)
2.   Guru memberikan post tes untuk mereviem kembali materi yang sudah dipelajari (mengamati)
3.  Guru menginformasikan materi pada pertemuan berikutnya yaitu Monera
20    menit

F.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Penilaian
A.    Teknik penilaian
No.
Aspek
Teknik
Bentuk Instrumen
1
Sikap
·         Observasi kegiatan diskusi
·         Penilaian diri
·         Penilaian antar peserta didik
·         Lembar observasi
·         Lembar penilaian diri
·         Lembar penilaian antar peserta didik

2
Pengetahuan
·         Tes tertulis

·         Penugasan
·         Soal PG dan Isian singkat

·         Soal penugasan
3
Keterampilan
·         Penilaian produk
·         Lembar pembuatan produk
B.     Instrumen penilaian
-          Penilaian sikap berupa lembar observasi pada saat melakukan simulasi dan diskusi
-          Penilaian pengetahuan berupa soal pilihan ganda dan uraian
-          Penilaian keterampilan berupa lembar pengamatan diskusi Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
2.      Remedial
Pembelajaran remedial dilaksanakan segera setelah diadakan penilaian pengetahuan dan/atau penilaian keterampilan bagi peserta didik yang belum mencapai nilai kkm. Strategi pembelajaran remedial untuk pengetahuan dilaksanakan dengan memberikan penugasan atau tutor sebaya berdasarkan indikator pencapaian kompetensi yang belum dicapai peserta didik. Setelah pembelajaran remedial dilakukan tes. Untuk keterampilan dilaksanakan di luar jam belajar, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan mengulang kegiatan keterampilan yang belum mencapai ketuntasan.
3.      Pengayaan
Peserta didik yang memperoleh nilai di atas nilai kkm diberikan tugas untuk membuat makalah tentang pengaruh mutasi pada pemuliaan tanaman pangan. Tugas dikumpulkan bersamaan dengan dilaksanakannya tes untuk pembelajaran remedial.
4.      Pedoman Penskoran terlampir

G.    Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.      Media/Alat: alat yang diperlukan dalam simulasi, Komputer, LCD proyektor, koneksi internet.
2.      Bahan: gambar tentang macam-macam virus, video tentang daur litik dan lisogenik virus, lembar kerja
berisi prosedur pelaksanaan diskusi.
3.      Sumber Belajar: Buku Biologi kelas X Kurikulum 2013,  situs internet yang relevan.
                                                                                               
Jakarta,    1 Juli   2015        
Guru Bidang Studi             


                                      
SUSILA HARTONO, M.Pd
NIP.196707201997031004


H.    Lampiran Instrumen Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Lembar Penilaian Diri
Mata Pelajaran       
:
BIOLOGI
Kelas/Semester      
:
XII MIPA/GANJIL
Kompetensi Dasar 
:
1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang macam-macam virus
Topik/Subtopik
:
Virus/ Macam-macam virus
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
1.1.1        Menunjukkan akhlak mulia dalam menyikapi peristiwa penularan virus HIV dalam kehidupan manusia, seperti tidak mengucilkan seseorang yang tertular virus HIV.


1.1.2         

Instrumen:
Penilaian Diri
Topik:Mutasi

Nama: ..................
Kelas: ...................
Setelah mempelajari materi Mutasi, Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan nilai persentase terhadap sikap berikut
No
Pernyataan
Skor
1.
Kegiatan pembelajaran tentang macam-macam virus membuat saya mengaggumi kebesaran Tuhan yang Maha Esa

2.
Saya menyadari bahwa kejadian penyebaran Virus membuat saya lebih menjaga diri.

3.
Saya tidak akan mengucilkan teman atau orang lain yang terserang virus HIV karena mereka tidak seharusnya dikucilkan

4.
Saya akan tetap berteman dan terus mensuport seseorang yang telah terserang virus HIV

Jumlah skor

Berilah skor 1 bila sangat tidak setuju, 2 bila tidak setuju, 3 bila setuju, dan 4 bila sangat setuju
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:


 
 
Dengan predikat:


PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
3,51 – 4,00
Baik (B)
2,51 – 3,50
Cukup (C)
1,51 – 2,50
Kurang (K)
1,00 – 1,50

No.
Nama Peserta Didik
Jumlah Skor
Nilai
Predikat






































Lembar penilaian antar peserta didik
Mata Pelajaran       
:
BIOLOGI
Kelas/Semester      
:
X /GANJIL
Kompetensi Dasar 
:
1.2  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang macam-macam virus yang ada didunia ini,
2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium
Topik/Subtopik
:
VIRUS/ Macam-macam virus
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
Menunjukkan akhlak mulia dalam menyikapi peristiwa penularan virus HIV dalam kehidupan manusia, seperti tidak mengucilkan seseorang yang tertular virus HIV.

Menunjukkan perilaku:
1.1.1        santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi pada saat presentasi dan diskusi macam-macam virus pada makhluk hidup.
1.1.2        berpendapat secara ilmiah dan kritis dalam berdiskusi macam-macam virus pada makhluk hidup.



Instrumen:
Penilaian antar Peserta Didik
Topik/Subtopik:         Virus/ Macam-macam Virus
Tanggal Penilaian: .....................................
Nama Teman yang dinilai: ........................
Nama Penilai:...........................................
-        Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaranBiologi
-        Berikan tanda √ pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
-        Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
-         
No
Perilaku
Dilakukan/muncul
YA
TIDAK
1.
Teman saya menjalankan agama yang dianutnya


2.
Teman saya suka mengejek teman yang mengalami kelainan (-)


3.
Teman saya mengamati tayangan gambar/video dengan seksama


4.
Teman saya menemukan data/jawaban yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah


5.
Teman saya mau menerima pendapat teman


6.
Teman saya mendominasi diskusi kelompok (-)


7.
Teman saya mau bekerjasama dengan semua teman


8.
Teman saya mengerjakan tugas yang menjadi bagiannya dengan baik


9.
Teman saya memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


10.
Teman saya suka mengganggu teman belajar (-)


Jumlah skor untuk nomor
1-2 = ....
3-4 = ....
5-6 = ....
7-8 = ....
9-10 = ....









Petunjuk Penilaian: Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no. 1,3, dan 4) dan ada yang negatif (no. 2 dan 5) Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif  Ya = 1  dan Tidak = 2
Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
No
Nama
Skor Perilaku
Jumlah
Nilai
Predikat
1-2
3-4
5-6
7-8
9-10
1
…….








2









3









...









Nilai  peserta didik dapat menggunakan rumus:
Pemberian predikat:   
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
3,51 – 4,00
Baik (B)
2,51 – 3,50
Cukup (C)
1,51 – 2,50
Kurang (K)
1,00 – 1,50


















2.      Penilaian Pengetahuan
a.       Tes Tulis
1)      Soal Pilihan Ganda
Mata Pelajaran       
:
BIOLOGI
Kelas/Semester      
:
X/1
Kompetensi Dasar 
:
3.1
Topik/Subtopik
:
Virus/ Macam-macam virus
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1 Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
Instrumen:
Soal:
A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang pada jawaban yang benar dan tepat di bawah ini !

1.      Siapakah ilmuan yang pertama kali menemukan virus?
A.    Louis Pasteur dan Adolf Meyer
B.     Beyerinch dan Louis Pasteur
C.     Adolf Meyer dan Louis Pasteur
D.    Adolf Meyer dan Dmitri Ivanowsky
E.     Beyerinch dan Dmitri Ivanowsky

2.      Materi genetik yang terkandung dalam virus dapat berupa ....
A.    DNA
B.     RNA
C.     DNA atau RNA
D.    kromosom
E.     gen
3.      Di bawah ini manakah yang bukan merupakan ciri-ciri virus?
A.    ukurannya 10 – 30 nm
B.     hidup sebagai parasit
C.     dapat berkristal
D.    hidup di tempat lembab
E.     memiliki asam nukleat

4.      Virus digolongkan ke dalam makhluk hidup karena ....
A.    mempunyai DNA atau RNA
B.     dapat dikristalkan
C.     mampu mereplikasi diri
D.    hanya mampu hidup pada jaringan hidup
E.     terdiri dari senyawa organik

5.      Virus mampu bereproduksi pada organisme dengan cara memasukkan asam nukleat ke dalam tubuh inang dengan tujuan untuk ....
A.    melumpuhkan sel inang agar tidak dapat bereproduksi
B.     mengendalikan sintesis protein dan membentuk bagian-bagian tubuhnya
C.     memacu produksi enzim untuk memecahkan sel inang
D.    mengeluarkan protoplasma sel inang untuk tempat reproduksi
E.     mengaktifkan inti sel inang untuk memproduksi enzim

6.    Jenis penyakit yang disebabkan oleh virus antara lain ....
A.    influenza dan flu burung
B.     cacar dan malaria
C.     cacar dan TBC
D.    demam berdarah dan malaria
E.     diare dan flu burung

7.      Dalam penelitian, virus dikembangbiakan pada ....
A.    agar-agar
B.     cairan gula
C.     cairan kaldu
D.    sel hidup
E.     ekstrak bakteri

8.      Tahapan-tahapan proliferasi virus yang benar adalah ....
A.       adsorbsi – replikasi – penetrasi – perakitan – lisis
B.       adsorbsi – penetrasi – perakitan – replikasi – lisis
C.       adsorbsi – perakitan – penetrasi – replikasi – lisis
D.       adsorbsi – penetrasi – replikas – perakitan – lisis
E.        adsorbsi – replikasi – perakitan – penetrasi – lisis

9.      Virus yang menyerang bakteri disebut ....
A.    Bakteriofage
B.     Rhabdivirus
C.     Adenovirus
D.    Bakteriovirus
E.     Retrovirus

10.  Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan manfaat virus bagi manusia adalah ....
A.       menyimpan gen
B.       menyimpan DNA
C.       menghasilkan vaksin
D.       memperbanyak bakteri
E.        membuat insulin

11.  Ekor virus yang menempel pada dinding bakteri terjadi pada tahap ....
A.       sintesis
B.       injeksi
C.       perakitan
D.       adsorbsi
E.        melebur

12.  Pneyakit cacar air disebabkan oleh virus ....
A.    Coli
B.     Herper zoster
C.     Varicella zoster
D.    Variola
E.     Mata belek

13.  Virus akan menghancurkan sel induk setelah melakukan reproduksi. Pernyataan tersebut termasuk dalam infeksi secara ....
A.    litik
B.     lisogenik
C.     fase absorbsi dan injeksi
D.    fase penggabungan
E.     replika

14.  Penyakit AIDS dapat menular melalui ....
A.    hubungan seksual
B.     berjabat tangan
C.     saluran pernapasan
D.    bersin
E.     gigitan nyamuk

15.  Pendapat bahwa virus tembakau dapat dikristalkan, merupakan temuan dari ilmuan ....
A.    Dmitri Ivanowsky
B.     Louis Pasteur
C.     M. Beijerinck
D.    Robert Hook
E.     Wendell M. Stanlye

















Soal Isian Singkat

Mata Pelajaran       
:
BIOLOGI
Kelas/Semester      
:
X/1
Kompetensi Dasar 
:
3.1
Topik/Subtopik
:
Virus/ Macam-macam virus
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.1 Menerapkan pemahaman tentang virus berkaitan  tentang ciri, replikasi, dan peran virus dalam aspek kesehatan masyarakat.

1.      Description: struktur bakteriofage(3Isilah bagian-bagian virus di bawah ini!
                                                                        1. ........................................


2. ........................................
3. ........................................



2.      Lengkapi dan jelaskan tahapan replikasi virus siklus litik!


 












..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3.  Apakah yang dimaksud dengan..
a)      Parasit ekstraseluler : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
b)      Prion : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
c)      Virus telanjang : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
d)     Interferon : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
e)       Bakteriofage : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
f)       Kapsomer : ………………………………………………………………………..................................................................................................................................................
g)      Tobacco Mozaic Virus (TMV) :
…………………………………………………………...…………………………...........................................................................................................................
4.   Perbedaan siklus litik dan siklus lisogenik
Siklus Litik
Siklus Lisogenik









5.   Virus dapat menguntungkan dan merugikan.
a)     Menguntungkan karena........................................................................................
b)    Merugikan karena.................................................................................................








INSTRUMEN PENILAIAN KEGIATAN PRAKTIK

Indikator                    : Merancang model replikasi virus.
Aspek penilaian         : Psikomotorik
Judul kegiatan           : Membuat model reproduksi virus
Tanggal Penilaian     :
Kelas                           :
                                     
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Nilai
Kesesuaian gambar dengan materi
Inisiatif/kreativitas dalam bekerja
Kontribusi dalam teman kelompok
Hasil model reproduksi virus
1.







2.







3.







4.







5.







6.





















Indikator:
Membuat daftar usulan tindakan preventif untuk meminimalisir dampak infeksi virus penyebab penyakit AIDS, SARS, herpes, cacar, flu burung, rabies, demam berdarah, campak, hepatitis, poliomielitis, chikungunya, influenza dan berani  mengemukakannya melalui diskusi kelas.

Aspek penilaian         :  Psikomotorik
Judul kegiatan           :  Poster kampanye bebas penyakit AIDS, flu burung, SARS, dan demam berdarah.
Tanggal Penilaian     :
Kelas                           :
                                     
No.
Nama Siswa
Kelompok
Aspek yang dinilai dalam leaflet
Skor
Nilai
Kesesuaian isi dengan tema
Model/Bentuk/Perpaduan warna poster
Kalimat
Ketepatan waktu penyelesaian
1.








2.








3.








4.








5.








6.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar